PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODELDISKURSUS MULTI REPRESENTASI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Agustin Setyo Wahyuni, , Indonesia
Nur Endah Purwaningsih, , Indonesia
Idah Hadijah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini berjudul perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakanmodel pembelajaran kooperatif diskursus multi representasidengan model pembelajaran konvensional yang diterapkan pada materi pembuatan pola tunik di SMK N 1 Batu. Rumusan masalah pada penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi pembuatan pola tunik yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran kooperatifDiskursus Multi Representasi dan model pembelajaran konvensional dikelas XI SMK Negeri 1 Batu. Penelitan ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI BB 2 sebagai kelas kontrol dan XI BB 3 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji-t yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran DMR dan model pembelajaran konvensional pada materi pembuatan pola tunik di kelas XI jurusan Tata Busana SMK N 1 Batu. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. . Kata Kunci: hasil belajar, diskursus multi representasi, pembelajaan konvensional.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.