PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL

Linna Varera, , Indonesia
Mohammad Adam Jerusalem, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) faktor internal siswa yang paling mempengaruhi prestasi belajar pengetahuan bahan tekstil kelas X busana SMK Islam Moyudan. 2) faktor eksternal siswa yang paling mempengaruhi prestasi belajar pengetahuan bahan tekstil kelas X Busana SMK Islam Moyudan. 3) faktor yang paling mempengaruhi diantara faktor internal dan eksternal siswa terhadap prestasi belajar pengetahuan bahan tekstil kelas X busana SMK Islam Moyudan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif jenis korelasi. Menggunakan sampel probability sampling jenis disproportionate stratfiied random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian diperoleh: 1) Terdapat pengaruh positif signifikan faktor internal siswa terhadap prestasi belajar, yang paling mempengaruhi indikator emosi, sub indikator mengendalikan emosi saat pelajaran rata-rata sejumlah 2,40. 2) Terdapat pengaruh positif signifikan faktor eksternal siswa terhadap prestasi belajar, paling mempengaruhi prestasi indikator media, sub indikator media belajar digunakan guru sejumlah 2,13. 3) Terdapat pengaruh positif signifikan faktor internal siswa terhadap prestasi, faktor internal lebih mempengaruhi prestasi belajar indikator emosi, sub indikator mengendalikan emosi saat pelajaran rata-rata sejumlah 2,40 kategori tinggi sebesar 87,6%.

Kata kunci : faktor eksternal, faktor internal, prestasi belajar, tekstil.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.