MASYARAKAT EKONOMI ASEAN PRODUK KREATIF DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGIAN DARI PENDIDIKAN KONSUMEN

Enny Zuhni Khayati, , Indonesia

Abstract


Masyarakat Ekonomi ASEAN dibentuk sebagai kawasan ekonomi dengan tingkat kompetisi yang tinggi. Era pasar bebas (MasyarakatEkonomi Asean) yang ditandai dengan derasnya arus barang dan jasa yang masuk dan keluar di pasar domestik, maka mengharuskan konsumen dihadapkan pada banyak pilihan barang dan jasa. Memilih, menggunakan produk impor kian merebak bagi sebagian besar masyarakat kelas menengah ke atas. sikap hidup konsumtif pun sepertinya sudah menjadi budaya di Indonesia. Jika konsumtif terhadap produk lokal, dapat memajukan perekonomian Nasional, tetapi konsumtif terhadap produk luar negeri, ini yang harus dicegah. Penggunaan produk dalam negeri memang sudah harus menjadi gerakan nasional, kebijakan konsumen ketika membeli suatu produk harus terarah pada kepentingan ekonomi Nasional. Untuk menjamin terciptanya tingkat persaingan yang tinggi dan adil, MEA membentuk sebuah kebijakan berupa perlindungan konsumen yang juga menjamin adanya arus informasi yang akurat di pasar barang dan jasa. Pendidikan Konsumen baik melalui jalur pendidikan formal, Non Formal dan In Formal harus dapat berperan sebagai agen untuk mencerdaskan masyarakat konsumen dalam berkonsumsi barang, sehingga terhindar dari pola hidup yang konsumtif,faham akan perlindungan konsumen dan tetap mencintai serta menggunakan produk dalam negeri dengan segala konsekuensinya. Persaingan pasar bebas baik di tingkat regional dan internasional akan berujung pada suatu titik bahwa konsumen adalah kunci dan pemenang dari segalanya.

Kata Kunci: MEA, Produk Kreatif, Perlindungan Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.