“AKSESORI PILPRES ” PELUANG INDUSTRI KREATIF DALAM PRODUK FASHION ERA MEA

Triyanto Triyanto, , Indonesia
Enny Zuhni Khayati, , Indonesia

Abstract


Pemilihan Presiden (Pilpres) merupakan salah satu ajang demokrasi lima tahunan rakyat Indonesia yang selalu menarik dan menyita perhatian masyarakat. Tarik ulur kepentingan politik kekuasaan menuntut kreativitas tim sukses masing-masing partai peserta pemilu. Kaos oblong (t-shert ) sebagai salah satu produk fashion menjadi angin segar daya tarik “aksesori” pemikat hati masa melalui penyusunan kata-kata, pesan, gambar ataupun jargon yang tertuang dalam bentuk sablon. Melalui agenda tahunan seminar nasional Bidang Boga, Busana, dan Rias ini penulis menyajikan pengkajian eksistensi kaos oblong sebagai produk fashion yang dapat memberikan arti melalui pendekatan multidisiplin ilmu yakni micro historis, politik, ekonomi dan seni. Realitas menunjukan bahwa kaos sebagai salah satu produk fashion telah mampu menjadi “aksesori pemilu” yang menyemarakan hiruk-pikuk penampilan demokrasi dan ekonomi di Indonesia. 2015 merupakan tahun terbentunya masyarakat satu atap ASEAN (MEA). Antipasi peran stakeholders sangat dibutuhkan sehingga ekonomi kreatif kerakyatan tidak tergerus ke luar negeri.

Kata Kunci: T-Shirt, Aksesori Pilpres, MEA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.