IMPLEMENTASI ALAT EVALUASI MENGAMBAR BUSANA DI SMK SWASTA KELOMPOK PARIWISATA KABUPATEN SLEMAN

Sri Widarwati, , Indonesia
Emy Budiastuti, , Indonesia
Prapti Karomah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: prosedur penerapan Alat Evaluasi, konsistensi penilaian dengan menerapkan Alat Evaluasi Menggambar Busana, cara pelaporan hasil evaluasi menggambar busana yang komunikatif di SMK Kelompok Pariwisata se Kabupaten Sleman Yogyakarta Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian survey. Waktu penelitian selama 6 bulan, yaitu bulan April sampai September 2013. Populasi penelitian ini yaitu Guru dan siswa. Teknik Pengambilan sampel secara Purposive Sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Guru sebagai penilai sebanyak enam orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen yaitu perangkat penilaian Konsistensi alat penilaian dengan mencari indek reliabilitas. Laporan hasil menggambar busana ditunjukkan dalam profil kompetensi peserta didik. Teknik analisis data dengan diskriptif kuantitatif dengan prosentase. Konsistensi penilaian dengan menggunakan analisis alpha cronbach. Sedangkan cara pelaporan dianalisis berdasar penentuan skor akhir secara deskriptif. Hasil penelitian prosedur penerapan alat evaluasi mata pelajaran menggambar busana pada kategori sangat baik dengan mean sebesar 56, 83. Konsistensi penilaian Mata Pelajaran Menggambar Busana sebesar 0,800. Berdasarkan profil kompetensi, rerata nilai yang dimiliki siswa sebesar 77,3. Dengan batas KKM 70 menunjukkan semua siswa yang menjadi sampel penelitian ini telah kompeten dalam menggambar busana.

Kata kunci: Implementasi Alat Evaluasi Mengambar Busana, SMK Swasta Kelompok Pariwisata


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.