PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN MENJAHIT CELANA ANAK
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) menghasilkan lembar penilaian membuat celana anak; (2) menghasilkan kriteria penilaian membuat celana anak; (3) mengetahui konsistensi penilaian menjahit celana anak. Model penelitian pengembangan yang dipilih adalah model penelitian dan pengembangan pendidikan yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983: 772). Sampel sebagai sumber informasi adalah mahasiswa PT. Busana klas A sem II, diambil secara Purposive Sampling. Validitas instrumen menggunakan ahli bidang teknologi busana berdasar expert judgment, sedangkan reliabilitas menggunakan inter rater. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) tersusunnya lembar penilaian menjahit celana anak; (2) tersusunnya criteria atau rubric penilaian celana anak laki-laki (3)Hasil dari tiga penilaian dianalisis menggunakan analisis Kappa. Indek reliabilitas asesmen celana anak yang dihasilkan sebesar 0, 93. Besarnya indek reliabilitas 0,93 menunjukkan bahwa terdapat konsistensi penilaian yang tinggi. Sehingga instrumen asesmen celana anak baik digunakan untuk menilai celana anak.
Kata kunci: Instrumen asesmen, celana anak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.