EVALUASI UNTUK PENGEMBANGAN KURIKULUM SMK

sri Palupi, , Indonesia

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah dapat mengidentifikasi permasalahan kurikulum, mendeskripsikan evaluasi kurikulum, mengidentifikasi aspek-aspek yang berhubungan dengan evaluasi kurikulum SMK 2013. Banyaknya permasalahan pendidikan, khususnya permasalahan kurikulum baik internal maupun eksternal seperti: kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan pendidikan yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarpras, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan, saat ini jumlah penduduk Indonesia usia produktif (15-64 tahun) lebih banyak dari pada yang usia tidak produktif dan jumlah usia produktif ini akan mencapai puncaknya pada tahun 2020-2035 yaitu 70%. Sedangkan tantangan eksternal meliputi: perkembangan pendidikan di tingkat internasional yang masih belum menggembirakan, standar kelulusan yang turun, peningkatan biaya pendidikan. Evaluasi ini dilakukan dalam upaya pengembangan kurikulum, menggunakan jenis penelitian evaluasi sesuai tujuannya memperbaiki dan meyempurnakan program. Penelitian akan dilakukan pada SMK dengan mengidentifikasi lebih awal pihak terkait yang akan dilibatkan dalam perencanaan, pelaksanaan, nara sumber, sumber data, yang dapat mendukung dan bekerjasama dalam pelaksanaan kurikulum SMK yang akan dievaluasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Evaluasi merupakan bagian dari sistem manajemen, yaitu perencanaan, organisasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Kurikulum dirancang dari tahap perencanaan, organisasi, kemudian pelaksanaan dan akhirnya monitoring dan evaluasi. Evaluasi kurikulum sangat penting dilakukan karena evaluasi kurikulum dapat menyajikan informasi mengenai kesesuaian, efektivitas, dan efisiensi kurikulum tersebut terhadap tujuan yang ingin dicapai. Evaluasi kurikulum juga penting dilakukan dalam rangka penyesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi, dan kebutuhan pasar yang berubah.

Kata Kunci: Kurikulum SMK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.