KESIAPAN GURU MELAKSANAKAN LESSON STUDY BERBASIS MGMP DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Siti Mariah, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui variable: (1) komitmen guru, (2) budaya kerja guru, dan (3) motivasi kerja guru terhadap kesiapan melaksanakan Lesson Study (LS) dalam implementasi kurikulum 2013 berbasis MGMP di SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif ekploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran pada variabel eksogen mendapatkan skor rerata lebih dari 3 yang mengindikasikan guru sudah memiliki komitmen dan budaya kerja yang tinggi. Motivasi kerja terkategorisasi tinggi (81.15%), komitmen kerja (65.57%) dan budaya kerja (52.46%) mayoritas terkategorisasi cukup. Dari 4 aspek yang merefleksikan kesiapan guru melaksanakan LS. Skor tertinggi (>3) terjadi dalam aspek plan. Skor dibawahnya terjadi dalam aspek lainnya, dengan kisaran skor 2.75 – 2.93 (dari rentang skore maksimum (5). Semua aspek tersebut sebagai kesatuan kesiapan guru ter-skor sebesar 2.89 dapat dikatakan sudah mendekati 3 sehingga cukup kuat untuk diterima sebagai indikasi kesiapan guru dalam melaksanakan LS yang sudah baik.

Kata Kunci: Guru, Lesson Study, kurikulum 2013


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.