PERAN KEPALA SEKOLAH DASAR DALAM OPTIMALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Widiastuti Relawati, , Indonesia

Abstract


Pendidikan harus mengikuti perkembangan jaman agar dapat menjawab tantangan dan tuntutan zaman yang serba cepat, serta pentingnya penerapan pendidikan karakter pada subyek didik, pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 mulai pertengahan bulan Juli 2013 dan diikuti semua sekolah Juli 2014 mendatang. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat di era global, memerlukan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman yaitu kurikulum berbasis sains serta menekankan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik melalui penilaian berbasis test dan portofolio saling melengkapi. Kunci sukses yang menentukan keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 di sekolah dasar adalah kepemimpinan kepala sekolah, utamanya dalam mengoordinasikan, menggerakkan, dan menyelaraskan semua sumberdaya pendidikan yang ada. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu yang dapat menggerakkan semua sumberdaya sekolah dalam mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Kepala sekolah memiliki peran penting dalam merealisasikan kurikulum 2013, yaitu dengan menggerakkan semua sumber daya yang ada serta mengimplementasikan sepenuhnya kurikulum 2013 di sekolah yang menjadi tanggung jawabnya melalui tugas pokok kepala sekolah yang meliputi: tugas sebagai pendidik, pengelola, administrator, supervisor, pemimpin, innovator dan sebagai motivator, sehingga kurikulum itu bermanfaat besar bagi peserta didik, masyarakat bangsa dan negara.

Kata kunci: Peran kepala Sekolah Dasar, mensukseskan, kurikulum 2013


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.