STRATEGI MEREK (BRANDING) USAHA BATIK DALAM RANGKA MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS GLOBAL

Rina Rachmawati, , Indonesia

Abstract


Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang membanggakan. Batik sudah menjadi identitas bangsa Indonesia, melalui pikiran simbol yang unik, warna yang menarik dan rancangan ekspresi yang berlian. Gema batik semakin membahana setelah UNESCO pada tanggal 9 Oktober 2009 menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Nyaringnya gema batik di Indonesia, ternyata tidak sebandingdengan naiknya ekonomi pengrajin dan pengusaha batik. Dalam penjualan di pasaran, batik dari pengrajin skala kecil kalah bergema dibanding batik yang telah memiliki merek kuat. Walaupun secara kualitas, tidak semua pengrajin batik kalah dibanding dengan pengrajin batik dengan merek yang kuat. Hal ini sejalan dengan yang dikemukan Rahardi ramelan, yang menyebutkan salah satu kendala batik di Indonesia adalah masalah Branding. Menyikapi hal ini, maka pengusaha dan pengrajin batik di Indonesia sebaiknya mulai memikirkan pemasaran melalui strategi branding. Mereka tidak harus selalu berkutat dengan produk dan kreatifitas batik, dalam hal motif, desain dan corak. Dalam berkompetisi di pasar, usaha batik juga sebaiknya memperhatikan strategi pemasaran, salahsatunya adalah strategi merek (branding). Branding yang Terencana dan kuat, akan berdampak pada positioning produk yang akan berimbas pada loyalitas konsumen. Seperti contohnya adalah konsumen pada produk batik yang mengenal strategi branding, seperti contoh Danar hadi, Keris dan Alleira. Jika batik mampu menjadi raja di negara sendiri dan mampu eksis di Indonesia, salah satunya karena alasan memiliki merek yang positioning di hati konsumen, maka warisan budaya yang bernilai tinggi ini tidak akan pernah hilang. Dan diharapkan akan selalu menjadi masa depan kebanggaan bangsa Indonesia. Dan dari sisi pengusaha dan pengrajin batik, ekonomi mereka akan meningkat dan usaha batik mereka akan selalu langgeng (eksistensi).

Kata kunci : batik, strategi merek (branding)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.