PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS DIVERSIVIKASI OLAHAN IKAN

Sutriyati Purwanti, , Indonesia

Abstract


Selama ini di masyarakat ikan memang kalah pupuler jika dibandingkan dengan daging dan ayam, padahal ikan memiliki berbagai keunggulan dibanding daging dan ayam, antara lain: kandungan protein tinggi, kadar lemak rendah, harga relatif lebih murah (hanya jenis-jenis tertentu saja relatif mahal), waktu pengolahan juga lebih singkat dan stock melimpah. Melimpahnya hasil perikanan namun konsumsi ikan oleh masyarakat masih rendah mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan menginisiasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), yang diantaranya bertujuan untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan. Seiring dengan peningkatan permintaan dan konsumsi ikan di masyarakat baik ikan laut maupun berbagai jenis ikan air tawar, hal tersebut bisa menjadi peluang dan sekaligus potensi bisnis yang luar biasa dan menjajikan. Menangkap hal itu sebagai suatu peluang usaha berbagai hal perlu dipersiapkan tidak saja masalah modal tetapi juga siap menghadapi persaingan yang semakin ketat. Salah satu upaya menghadapi hal tersebut dibutuhkan adanya suatu strategi dan kreativitas. Strategi yang dimaksud adalah strategi dalam menjalankan usaha sehingga memiliki daya saing. Begitu juga kreativitas, salah satu bentuk kreativitas untuk menjalankan usaha yaitu dengan melakukan diversivikasi. Sesuai dengan kontek usaha yang akan dijalankan maka diversifikasi olahan ikan menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Dengan melakukan diiversifikasi produk secara terus menerus sesuai dengan trend yang berkembang di masyarakat dan didukung dengan kemampuan menerapkan strategi pemasaran yang efisien dan efektif, insyaAllah usaha yang kelola mampu bersaing dan berhasil sesuai dengan yang diharapkan.

Kata kunci: diversifikasi olahan ikan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.