PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PATISERI DENGAN MENGGUNAKAN MULTI MEDIA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BOGA

Sri Palupi, , Indonesia
Siti Hamidah, , Indonesia
Sutriyati Purwanti, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui rancangan model pembelajaran Patiseri berbasis MMP, mengetahui respon mahasiswa Pendidikan Teknik Boga terhadap isi MMP. Selama ini pembelajaran patiseri masih berpusat pada dosen, terkesan tradisional kurang memberi peluang bagi tumbuh kembangnya potensi mahasiswa. Kasalahan kerja cukup tinggi, sehingga produk tidak maksimal. Demikian halnya penguasaan konsep dasar ataupun teknik dasar terkesan kurang kuat, keadaan ini memunculkan rendahnya rasa percaya diri. Penelitian MMP menggunakan pendekatan Research and Development disingkat dengan R & D. Sehubungan dengan hal tersebut maka langkah-langkah penelitian sebagai berikut: Preliminary investigation, Design atau rancangan model, Realization, Test atau uji coba, Implementation atau penerapan model. Penelitian MMP menggunakan pendekatan Research and Development disingkat dengan R & D. Sehubungan dengan hal tersebut maka langkah-langkah penelitian sebagai berikut: Preliminary investigation, Design atau rancangan model, Realization, Test atau uji coba, Implementation atau penerapan model. Hasil penelitian adalah Model pembelajaran patiseri berbasis MMP, dengan langkah/tahapan: Rancangan Model Pembelajaran ,Tahapan implementasi pembelajaran berbasis MMP, Evaluasi Pembelajaran. Gambaran Model Pembelajaran Secara Utuh, dengan tahapan mulai dari perancangan, implementasi dan evaluasi. Tahap perancangan pembelajaran dosen harus membuat RPP berbasis MMP serta membuat MMP dan perangkat evalusi baik cognitif, psychomotor dan sikap kerja. Tahap implementasi, penggunaan MMP lebih ditekankan pada saat pembelajarn teori sebagai upaya membentuk pemahaman awal yang lebih baik. Pada saat pembelajaran teori dapat diikuti dengan diskusi dan refleksi penguasaan teori. Mahasiswa harus yakin dengan apa yang dikuasai. Pada saat pembelajaran praktik MMP dapat digunakan untuk merevieuw ulang pemahaman mereka tentang materi. Tahap evaluasi, Respon mahasiswa Pendidikan Teknik Boga terhadap isi MMP. Respon mahasiswa Pendidikan Teknik Boga terhadap Perangkat Pembelajaran Multi Media Patiseri atau MMP yaitu baik dan dapat merima. Hal ini tergambar dari angket yang kita berikan pada mahasiswa setelah mereka melihat tayangan MMP, yaitu dari: (1) aspek keruntutan penyajian MMP 15 (100%) menyatakan runtut, (2) aspek kejelasan (gambar, langkah, teknik olah, bahan, alat dan materi), 85 % responden menyatakan MMP memperjelas, (3) aspek kebermaknaan (pemahaman) 84,44% responden menyatakan bermakna (lebih memahami), dan (4) kemudahan (memudahkan pada saat praktik dan mengoperasikan/menggunakan media MMP) 93,33% responden menyatakan memudahkan, baik pada saat praktik maupun penggunaan/pengoperasian MMP tersebut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.