PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN TATA BUSANA DI SMK
Abstract
Model portofolio assessment sesuai digunakan untuk mata pelajaran yang bersifat menuntut output pembelajaran siswa dari segi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penilaian ini berupa penilaian terhadap sekumpulan karya siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisir yang diambil selama proses pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. Menggunakan penilaian portofolio, tingkat perkembangan belajar siswa lebih dapat diukur dan dipahami serta bisa diketahui gambaran keseluruhan tentang segala aktivitas siswa dan apa yang dipahami dan diketahui siswa selama pembelajaran berlangsung. Penilaian portofolio pada pembelajaran tata busana digunakan untuk melengkapi pelaksanaan penilaian seperti prosedur biasa, adanya penilaian ujian tengah smester, ujian akhir semester dan tes harian, dan didukung oleh bukti hasil kerja yang berupa dokumen pilihan dari hasil belajar berupa kumpulan tugas pada kurun waktu tertentu. Desain model penialaian portofolio pada pembelajaran tata busana meliputi tahap perencanaan penilaian portofolio mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, jenis penilaian dan banyaknya tugas yang dibuat oleh siswa. Tahap pelaksanaan mencakup pengukuran pengetahuan melalui tes UTS dan UAS, penilaian keterampilan melalui penilaian keterampilan teknis dilihat dari produk tugas, proses kerja dan kerapihan dalam bentuk dokumen kumpulan tugas berupa portofolio. Penggunaan model pembelajaran portofolio dalam pembelajaran tata busana, diperlukan dalam upaya mengembangkan dan membekali sejumlah pengetahuan dan keterampilan bidang keahlian tata busana, yang wajib dimiliki oleh setiap siswa. Penilaian hasil belajar menggunakan penilaian portofolio, diupayakan dapat membangkitkan minat belajar siswa secara aktif, kreatif, juga dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai kemampuan diiringi suatu sikap tanggung jawab.
Kata kunci :, pembelajaran tata busana, tugas siswa, penilaian portofolio
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.