PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FOOD PRESENTATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI PENYAJIAN MAKANAN
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1). Menghasilkan modul pembelajaran food presentation yang layak sebagai sumber belajar menurut ahli media dan materi; Menghasilkan modul pembelajaran food presentation yang layak sebagai sumber belajar menurut pengguna; dan 3). Mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa yang telah menggunakan modul ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang artinya penelitian ini menghasilkan produk. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa D3 Teknik Boga, Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta (PTBB FT UNY) semester 2. Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) planning, (3) design, dan (4) development. Kelayakan produk diperoleh dari Evaluasi formatif yang meliputi: ongoing evaluation, alpha tes (ahli materi dan ahli media), dan beta tes (pengguna). Guna mendukung kelayakan produk dilakukan evaluasi sumatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa. Jenis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan jenis instrumen yaitu: angket, tes, wawancara dan pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan modus. Hasil penelitian menyatakan bahwa: modul pembelajaran yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak oleh ahli media dan materi sebagai bahan ajar untuk mata kuliah SPM. Menurut pengguna atau mahasiswa yang belajar menggunakan modul ini menyatakan bahwa modul ini layak digunakan sebagai sumber belajar pada mata kuliah SPM. Hasil belajar pada mahasiswa yang menggunakan modul ini terjadi peningkatan. Peningkatan terlihat pada mahasiswa yang menggunakan modul dibandingkan mahasiswa yang tidak menggunakan modul dengan peningkatan sebesar 25% dari mahasiswa yang tidak menggunakan modul.
Kata kunci: Pengembangan, modul pembelajaran, food presentation, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.