METODE “world cafe” SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI INTERAKTIF

Mila Mumpuni, , Indonesia

Abstract


Hasil pembelajaran tidak hanya diukur dari input yang ada, melainkan juga proses pembelajaran yang dilaksanakan. Walaupun sangat disadari bahwa ketersediaan kualitas tinggi dari siswa yang akan memasuki proses pembelajaran menjadi salah satu modal ketercapaian output pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan pada program diploma disusun dalam situasi pembelajaran di ruang kelas pada umumnya. Metode diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan siswa-siswa suatu permasalahan. Seperti halnya metode diskusi, pada metode “world cafe” memberikan keleluasaan bagi peserta didik yang tidak atau belum memiliki keberanian berpendapat di kelas besar. Implementasi metode “world cafe” mampu membentuk karakter siswa dengan saling mengenal satu sama lain, mengembangkan sikap berani berpendapat, maupun mengembangkan potensi sebagai pemimpin. Peran pengajar dalam metode ini tidak lagi sebagai pusat pengetahuan di kelas, melainkan berperan sebagai fasilitator pada setiap kelompok kecil. Peran pengajar mendampingi siswa dalam mengelola kelas kecil sampai dengan pengambilan keputusan hasil diskusi.

Kata kunci: metode pembelajaran, metode “world cafe”, siswa, pengajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.