IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATERI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DI SMK MUHAMMADIYAH I SALAM

Bambang Sudarsono, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan pembelajaran aktif dengan metode Think pair share pada materi sistem bahan bakar bensin pada siswa kelas XI MOC di SMK Muhammadiyah I Salam dan untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan tipe Think pair share yang mengakomodasi aspek Think (berpikir), Pair (berpasangan) dan Share (berbagi). Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/CAR). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MOC di SMK Muhammadiyah I Salam. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas kerjasama siswa dalam diskusi kelompok dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan II. Data kerjasama yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam kerjasama. Data pre-test dan post-test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post-test siklus II dengan nilai rata-rata post-test siklus I. Perbedaan hasil belajar pre test dan post test tiap siklus I dan II dapat dilihat dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif dengan metode Think pair share dapat diterapkan pada materi sistem bahan bakar bensin siswa pada kelas XI MOC di SMK Muhammadiyah I Salam. Pembelajaran aktif dengan metode Think pair share juga dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas XI MOC di SMK Muhammadiyah I Salam. Peningkatan kerjasama siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek kerjasama yang meliputi aspek memberikan ide atau pendapat naik 31,44 %; menerima pendapat orang lain naik 48,57 %, melaksanakan tugas yang diberikan oleh kelompok naik 31,43 %, aspek sifat membantu sesama teman naik 45,71 %, dan aspek yang terakhir adalah kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok naik 51,43 %. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 3,2. Perbedaan hasil belajar menggunakan Uji t yang menunjukkan bahwa t tab adalah 4,997 pada siklus I dan t tab adalah 16,942 pada siklus II. Hasil Uji t post test siklus I dan II t hit > t tab adalah 16,00>2,042. Kesimpulan dari hasil Uji t adalah ada perbedaan dari pre-test dan post-test pada siklus I dan siklus II setelah diberi pembelajaran aktif dengan metode think pair share.

Kata kunci: Pembelajaran aktif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.