IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU
Abstract
Riana Mangesa, (2012). Strategi pendidikan karakter melalui pendekatan konstruktivistik untuk meningkatkan kompetensi guru, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Prinsip pendidikan kejuruan di SMK yang berkaitan dengan proses belajar mengajar, akan efektif jika guru mempertimbangkan sifat-sifat peserta didik dalam proses pembelajaran, sebagai salah satu implementasi strategi belajar melalui pemahaman konsep (konstruktivis), memahami prosedur (prosedural knowledge) yang berada dalam teori kognitif dan pembiasaan (behavioristik). Berkaitan dengan sistem pendidikan karakter dalam proses belajar berbasis kompetensi di SMK, guru membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat dilakukan sebagai bagian dari implementasi proses belajar dengan lingkungan. Melalui rekayasa faktor lingkungan, yang mencakup lingkungan fisik dan budaya sekolah, kurikulum, manajemen sekolah dan strategi mengajar, diharapkan dapat menjadikan siswa aktif, kreatif, dan belajar dalam suasana senang serta efektif. Teori belajar konstruktivistik yang muncul akibat terjadinya revolusi ilmiah dari sistem pembelajaran yang penekanan pokoknya pada situasi belajar, dimaknai sebagai pendekatan konstruktivistik. Dimana dalam proses belajar, siswa sendiri yang aktif melakukan penalaran melalui pengalaman dan mampu mengintegrasikan dengan lingkungannya. Guru dapat merencanakan strategi belajar menurut pandangan konstruktivistik ini dengan kegiatan aktif siswa untuk membangun pengetahuan melalui pembentukan sikap dan karakter. Sehingga proses perubahan yang terjadi dibangun secara personal dan bertanggung jawab atas hasilnya.
Kata kunci: Pendekatan Konstruktivistik, Strategi, Kompetensi Guru SMK
Kata kunci: Pendekatan Konstruktivistik, Strategi, Kompetensi Guru SMK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.