MAKANAN SEBAGAI PRODUK BUDAYA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

Titin Hera Handayani, , Indonesia

Abstract


Globalisasi adalah suatu kenyataan dan akan mempunyai dampak langsung maupun tidak langsung pada kebanyakan aspek bisnis di Indonesia. Untuk memenangkan persaingan di pasar global, suatu usaha makanan harus berupaya antara lain dalam layanan yang luar biasa pada pelanggan, pengembangan kemampuan- kemampuan baru, produk baru yang inovatif, komitmen karyawan, pengelolaan perubahan melalui kerja sama kelompok. Makanan merupakan bahan yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang guna kelangsungan hidupnya. Makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan energi dan energi oleh tubuh dimanfaatkan untuk bergerak sesuai dengan apa yang diinginkan. Bahan makanan yang tersedia di alam sekitar diolah sesuai selera makan, disajikan secara menarik, mengkonsumsinya diatur dengan tata cara khusus, yang semuanya itu bukanlah bersifat fungsional saja tetapi sekaligus memberi makna bagi manusia sebagai makhluk berbudaya. Sistem budaya makanan memberi ciri khas atau identitas bagi masyarakatnya, serta seluruhnya merefleksikan sistem budaya masyarakatnya
Kata Kunci: Makanan, Produk Budaya, Persaingan Global.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.