PENDIDIKAN KONSUMEN DI KELUARGA DAN KONTRIBUSI IBU DALAM MENYIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA

Enny Zuhni Khayati, , Indonesia

Abstract


Negara Indonesia, tentu membutuhkan SDM (sumber daya manusia) dengan karakter dan kualitas yang mumpuni. Karena dengan hal tersebut, proses pembangunan yang dilakukan Negara tak hanya berjalan, akan tetapi juga berkembang. Kualitas SDM yang baik, akan membuat Negara semakin baik. Demikian pula sebaliknya. Pendidikan konsumen mengajarkan nilai-nilai positif untuk menjadi manusia yang memiliki karakter positif yang sangat kuat, dan diharapkan dapat mendukung program generasi emas Indonesia. Sosialisasi, implementasi, dan mengintegrasikan pendidikan konsumen dalam keluarga sangat penting dan terus menerus harus dilaksanakan secara efektif dan menyenangkan oleh semua anggota keluarga. Keluarga adalah benteng utama kepribadian setiap anak manusia. Ibu yang sholikhah adalah ibu yang cerdas dalam melaksanakan perannya dalam keluarga, oleh karena itu setiap Ibu harus menjadi pendidik  utama yang menerapkan pendidikan konsumen dalam keluarga sejak dini,ibu juga menjadi motifatordan fasilitator yang baik, istri dan pendamping suami yang menyenangkan, sahabat dan teman yang baik dan senantiasa menjaga dan memelihara serta merawat kesehatan jasmani, kesehatan rokhani, sosial dan spiritual, mendidik   putra  putrinya  menjadi konsumen yang faham perlindungan konsumen, mengerti kewajiban, tanggung jawab dan hak-hak   konsumen,  serta tidak  konsumtif. Ibu  yang 
 dapat melaksanakan perannya dengan baik dan bertanggung  jawab diharapkan akan berkontribusi positif dalam menyiapkan generasi emas Indonesia.
 
Kata Kunci: Pendidikan Konsumen, Keluarga, Ibu, Generasi Emas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.