MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SM

Herminarto Sofyan, , Indonesia
wagiran wagiran, , Indonesia
Kokom Komariah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model teoritis pembelajaran Problem Based Learning dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMK.Penelitian dilakukan terhadap guru-guru di SMK bidang keahlian Teknik Pemesinan, Teknik Otomotif, dan Boga Busana SMK di DIY yang terdiri dari 100 orang.Untuk mengungkap data implementasi pembelajaran dalam penerapan Kurikulum 2013 digunakan angket, dan untuk merumuskan model digunakan validasi ahli.Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 dan implementasi pembelajaran dalam penerapan Kurikulum 2013 termasuk kategori sedang hingga tinggi. Telah dihasilkan model teoritis implementasi Problem Based Learning dalam penerapan Kurikulum 2013 dengan cara mengintegrasikan pendekatan saintifik dan model pembelajaran PBL. Model pmbelajaran PBL mampu menyempurnakan implementasi pendekatan saintifik terutama dalam langkah terakhir yaitu menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.