RELIABILITAS INTER-RATER PADA PENGUKURAN MENJAHIT BUSANA

emy budiastuti, , Indonesia

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  untuk  (1)  mengembangkan    lembar  penilaian menjahit busana pada siswa  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa  Yogyakarta;  (2)  mengembangkan  panduan  penilaian  menjahit busana ; dan (3) mengetahui tingkat kesepahaman dan kesepakatan penilai dalam pengukuran menjahit busana. Sampel  sebagai  sumber  informasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa klas XII SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan penilai unjuk kerja menjahit busana diambil dari guru SMK bidang keahlian pembuatan busana dan   penilai   dari   industri   busana.   Instrumen   yang   digunakan   dalam penelitian  ini  adalah:  (1)  lembar  penilaian;  dan  (2)  panduan  penilaian (rubrik).   Analisis   koefisien   reliabilitas   menggunakan   program   Cohen’s Kappa. Hasil  yang  diperoleh  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  Lembar  penilaian menjahit   jas   mencakup:   (a)   jenis   kegiatan,   terdiri   atas:      komponen persiapan, proses, hasil, sikap kerja, dan penggunaan waktu; (b) butir-butir soal yang dinilai; (c) skala penilaian; (d) bobot; dan (e) perolehan nilai; (2) panduan  penilaian  (rubric)  keterampilan  menjahit,  masing-masing  butir mengacu pada empat skala, yaitu  sangat baik,  baik, kurang baik, dan  tidak baik,  yang  dilengkapi dengan  deskripsi masing-masing  skala  penilaian;  (3) koefisien        (Kappa)   untuk:   persiapan   menjahit   sebesar   0.77,      proses menjahit   sebesar   0.76,   hasil   menjahit   sebesar   0.78,     sikap   kerja   dan penggunaan   waktu   sebesar   0.78.   Besarnya   indek   reliabilitas   menjahit busana   memenuhi   persyaratan   yang   ditetapkan   yaitu   0.70.   Dengan demikian  terdapat  tingkat  kesepakatan  dan  tingkat  kesepahaman  dalam melakukan    penilaian    menjahit    busana,    sehingga    instrumen    dapat digunakan pada faset yang lebih luas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.