RELIABILITAS INTER-RATER PADA PENGUKURAN MENJAHIT BUSANA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengembangkan lembar penilaian menjahit busana pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta; (2) mengembangkan panduan penilaian menjahit busana ; dan (3) mengetahui tingkat kesepahaman dan kesepakatan penilai dalam pengukuran menjahit busana. Sampel sebagai sumber informasi dalam penelitian ini adalah siswa klas XII SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan penilai unjuk kerja menjahit busana diambil dari guru SMK bidang keahlian pembuatan busana dan penilai dari industri busana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar penilaian; dan (2) panduan penilaian (rubrik). Analisis koefisien reliabilitas menggunakan program Cohen’s Kappa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Lembar penilaian menjahit jas mencakup: (a) jenis kegiatan, terdiri atas: komponen persiapan, proses, hasil, sikap kerja, dan penggunaan waktu; (b) butir-butir soal yang dinilai; (c) skala penilaian; (d) bobot; dan (e) perolehan nilai; (2) panduan penilaian (rubric) keterampilan menjahit, masing-masing butir mengacu pada empat skala, yaitu sangat baik, baik, kurang baik, dan tidak baik, yang dilengkapi dengan deskripsi masing-masing skala penilaian; (3) koefisien (Kappa) untuk: persiapan menjahit sebesar 0.77, proses menjahit sebesar 0.76, hasil menjahit sebesar 0.78, sikap kerja dan penggunaan waktu sebesar 0.78. Besarnya indek reliabilitas menjahit busana memenuhi persyaratan yang ditetapkan yaitu 0.70. Dengan demikian terdapat tingkat kesepakatan dan tingkat kesepahaman dalam melakukan penilaian menjahit busana, sehingga instrumen dapat digunakan pada faset yang lebih luas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.