MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DALAM MENDISAIN BUSANA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI
Abstract
Kompetensi mendisain busana adalah adalah suatu kemampuan yang merujuk pada kinerja seseorang dalam membuat suatu disain busana yang dapat dilihat dari pikiran, sikap dan perilakunya. Untuk mewujudkan kompetensi tersebut diperlukan adanya suatu pembaharuan dalam pembelajaran. Pembelajaran SAVI menganut aliran ilmu kognitif modern yang menyatakan belajar yang paling baik adalah melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indera, dan segenap kedalaman serta keluasan pribadi, menghormati gaya belajar individu lain dengan menyadari bahwa orang belajar dengan cara-cara yang berbeda. Karakteristiknya ada empat bagian yaitu: Somatic dapat diartikan belajar dengan bergerak dan berbuat. Auditori artinya belajar dengan berbicara dan mendengar, Visual artinya belajar dengan mengamati dan menggambarkan dan intektual artinya belajar dengan memecahkan masalah dan merenung. Meningkatkan kompetensi mendisain busana dengan menerapkan model pembelajaran SAVI dapat dilakukan dalam empat tahap yaitu tahap persiapan (kegiatan pendahuluan) tahap Penyampaian (kegiatan inti) tahap Pelatihan (kegiatan inti) dan tahap penampilan hasil (kegiatan penutup)
Kata Kunci: Kompetensi, desain busana, model pembelajaran SAVI
Kata Kunci: Kompetensi, desain busana, model pembelajaran SAVI
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.