MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TATA BUSANA DI SMK

Marniati Marniati, , Indonesia

Abstract


Model pembelajaran kewirausahaan berbasin portofolio merupakan model pembelajaran yang menggunakan prinsip-prinsip belajar siswa aktif (active learning), kooperatif (cooperative learning) partisipatorik (participatory learning) dan mengajar yang reaktif (reactivelearning). Disamping itu, sumber pembelajaran dapat berasal dari dalam kelas (guru) dan luar kelas (perusahaan Garment, wirausahawan dan disainer, serta pakar bisnis bidang tata busana). Sedangkan media pembelajaran kewirausahaan berbasis portofolio dapat berasal dari buku, media massa (koran, majalah bisnis dan jurnal bisnis) serta media elektronik (e-book, radio, televisi dan internet). Adapun langkah-langkah di dalam pembelajaran kewirausahaan berbasis portofolio adalah a) mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat, b) memilih masalah untuk kajian kelas, c) mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas, d) membuat portofolio kelas, e) penyajian portofolio (show case), dan f) merefleksikan pada pengalaman belajar.
 
 
Kata Kunci: Kewirausahaan, Portofolio, Mata Pelajaran Produktif, Tata busana

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.