SPA INDONESIA, PELUANG DAN TANTANGAN

Yuswati Yuswati, , Indonesia

Abstract


Booming bisnis SPA di Indonesia masih bergaung dan tetap berjalan ditengah-tengah krisis ekonomi dunia. Secara sederhana dapat dipahami prospek yang menjanjikan dari bisnis ini adalah bermunculnya produk perawatan dengan embel-embel SPA, mulai produk perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Banyak nama salonpun kini berlabel SPA. Lokasi bisnis ini pada umumnya di Salon Hotel dan Salon khusus SPA, dengan pelayanan jasa yang bervariasi dari ibu hingga balita, baik pria maupun wanita. SPA yang berasal dari nama sebuah kota di Eropa, pada prinsipnya juga telah dimiliki bangsa Indonesia sejak dulu. Kekayaan alam akan sumber mineral yang bagus untuk SPA serta ribuan tanaman herbal merupakan potensi pengembangan bisnis ini. SPA  dan  pariwisata  adalah  dua  sisi  mata  uang  yang  saling  terkait, hingga tak heran bila Bali sebagai daerah tujuan wisata no1 di Indonesia dan surganya para turis domestik maupun asing, bisnis ini sangat menjanjikan. Yogyakarta   sebagai   daerah   tujuan   wisata   kedua   di   Indonesia   belum bergaung  seperti  di Bali.  Banyak peluang  dalam  berbisnis SPA ini,  namun banyak   pula   tantangan   yang   harus   dihadapi,   diantaranya   kualifikasi standard   Sumber   Daya   Manusia   (terapis)   maupun   Salon,   kebijakan pemerintah  pusat  maupun  daerah,  kerjasama  Salon  dan  Dinas  Pariwisata, promosi, kerjasama antar Salon, penelitian yang mendukung dst. Perlu kerjasama antar departemen terkait, perlindungan terapis, pembinaan pengusaha produk SPA rumahan, pengawasan produk serta perlindungan konsumen.
 
 
Kata Kunci: SPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.