SPA INDONESIA, PELUANG DAN TANTANGAN
Abstract
Booming bisnis SPA di Indonesia masih bergaung dan tetap berjalan ditengah-tengah krisis ekonomi dunia. Secara sederhana dapat dipahami prospek yang menjanjikan dari bisnis ini adalah bermunculnya produk perawatan dengan embel-embel SPA, mulai produk perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Banyak nama salonpun kini berlabel SPA. Lokasi bisnis ini pada umumnya di Salon Hotel dan Salon khusus SPA, dengan pelayanan jasa yang bervariasi dari ibu hingga balita, baik pria maupun wanita. SPA yang berasal dari nama sebuah kota di Eropa, pada prinsipnya juga telah dimiliki bangsa Indonesia sejak dulu. Kekayaan alam akan sumber mineral yang bagus untuk SPA serta ribuan tanaman herbal merupakan potensi pengembangan bisnis ini. SPA dan pariwisata adalah dua sisi mata uang yang saling terkait, hingga tak heran bila Bali sebagai daerah tujuan wisata no1 di Indonesia dan surganya para turis domestik maupun asing, bisnis ini sangat menjanjikan. Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata kedua di Indonesia belum bergaung seperti di Bali. Banyak peluang dalam berbisnis SPA ini, namun banyak pula tantangan yang harus dihadapi, diantaranya kualifikasi standard Sumber Daya Manusia (terapis) maupun Salon, kebijakan pemerintah pusat maupun daerah, kerjasama Salon dan Dinas Pariwisata, promosi, kerjasama antar Salon, penelitian yang mendukung dst. Perlu kerjasama antar departemen terkait, perlindungan terapis, pembinaan pengusaha produk SPA rumahan, pengawasan produk serta perlindungan konsumen.
Kata Kunci: SPA
Kata Kunci: SPA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.