PERILAKU FASHIONABLE MUSLIMAH SEBAGAI PELUANG BISNIS BUSANA MUSLIM

Esin Sintawati, , Indonesia

Abstract


Pada   masyarakat   Indonesia   yang   mayoritas   muslim,   telah   terjadi perubahan  paradigma  terhadap  busana  muslim.  Kini  tak  lagi  dipandang sebagai   identitas   yang   eksklusif,   lebih   terbuka   bagi   semua   kelompok muslim  termasuk  anak  muda  dan  profesional  dari  berbagai  kalangan.  Hal itu  mendorong  perkembangan  industri  kreatif  yang  berhubungan  dengan gaya  hidup  Islami  terus  berkembang,  sehingga  busana  muslimpun  tidak menjadi penghalang untuk tampil fashionable. Gaya hidup fashionable dan perilaku   muslimah   Indonesia   yang   mudah   menyerap   tren,   merupakan peluang  yang  sangat  menguntungkan  bagi  pelaku  bisnis  fesyen/busana muslim.    Dari    sisi    pasar,    bisnis    fesyen    memberikan    peluang    yang menjanjikan,   namun   membutuhkan   tenaga   ekstra   dan   pertimbangan matang karena harus bersaing dengan pasar yang ada, membutuhkan dana besar, serta membanjirnya produk fesyen luar negeri dengan harga murah. Tiga hal utama yang membedakan bisnis fesyen dari bisnis consumer goods, yakni:  (1)  daur  hidup  sangat  pendek;  (2)  proses  lama  sehingga  ada  defisit cash flow; dan (3) dikenal sistem konsinyasi, selain kredit. Sekitar 25% dari seluruh  umat  muslim  dunia  berasal  dari  Indonesia,  merupakan  potensi besar   bagi   bisnis   busana   muslim,   dan   pemakai   kerudung   kian   hari bertambah.  Dari  sisi  desain,  busana  muslim  berkembang  sangat  maju, sehingga penjualan tiap tahun mengalami peningkatan. Industri fesyen bila dibuat  lebih  kreatif  dapat  memasuki  pasar  global  dan  mampu  bersaing dengan produk negara lain. Jika industri busana muslim maju dan tertata, permintaan akan meningkat, semakin banyak  membutuhkan tenaga kerja, menarik wisatawan, dan berdampak pada pemasukan devisa negara. Potensi pasar  busana  muslim  yang  semakin  terbuka  ke  seluruh  dunia,  hendaknya diikuti  dengan  peningkatan  kualitas  produk  yang  ditawarkan  baik  desain, material, maupun citra merk.
 
 
Kata kunci: fashionable, muslimah, peluang bisnis, busana muslim

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.