Kampanye “Ayo Makan Ikan” Melalui Inovasi Produk PKK dalam Pameran Makanan di Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta 8 September 2016

Khairunisa Ramadhani, , Indonesia

Abstract


Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung banyak zat gizi. Sumber gizi lainnya yang terkandung dalam ikan selain protein adalah vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi pada ikan yang paling menonjol adalah asam lemak omega-3.
Jika dibandingkan dengan Negara lain, konsumsi ikan di Indonesia per kapita masih rendah. Merujuk pada data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, tahun 2014 konsumsi ikan nasional hanya mencapai 38 kg per kapita per tahun. Provinsi DI Yogyakarta merupakan provinsi yang memiliki tingkat konsumsi ikan rendah, yaitu hanya sebesar 21,74 kg/kap/tahun.
Metode yang digunakan untuk mengajak masyarakat Yogyakarta untuk gemar makan ikan adalah dengan mengadakan pameran produk makanan. Pameran makanan diadakan dengan menyajikan beberapa produk berbahan dasar ikan. Produk yang disajikan pada saat pameran berjumlah dua macam produk yakni takoyaki sukun isi bakso ikan dan tortila ikan sayur.
Hasil dari pameran makanan ini adalah banyaknya respon positif dari masyarakat Yogyakarta khususnya di kawasan Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Pemikiran masyarakat bahwa mengonsumsi ikan tidak enak terpatahkan berkat inovasi produk olahan ikan yang disajikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.