PENGEMBANGAN ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Implementasi PP No. 19 tentang Standar Pendidikan Nasional membawa implikasi terhadap strategi pembelajaran dan sistem penilaian, termasuk model pembelajaran yang dikembangkan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dan teknik penilaian yang dilaksanakan di kelas. Strategi pengintegrasian pendidikan karakter dan penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian hasil belajar dari pengintegrasian pendidikan karakter pada materi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan termasuk penilaian internal (internal assessment), sedangkan yang diselenggarakan pemerintah termasuk penilaian eksternal (external assessment). Penilaian internal adalah penilaian yang direncanakan dan dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran berlangsung dalam rangka penjaminan mutu. Penilaian eksternal merupakan penilaian yang dilakukan oleh pihak yang terkait di luar pembelajaran.
Salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran ialah dengan melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya, dalam hal ini adalah guru sebagai ujung tombak pelaksana pembelajaran di kelas. Pelaksanaan pendidikan karakter kepada peserta didik di sekolah sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana pendidikan karakter direncanakan, dilaksanakan, dan dikendalikan (strategi pembelajaran) dalam kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah secara memadai. Pengelolaan tersebut antara lain meliputi, penggalian nilai-nilai yang perlu ditanamkan, muatan kurikulum, pembelajaran, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, dan komponen terkait lainnya. Dengan demikian, manajemen sekolah merupakan salah satu media yang efektif dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.