MODEL INKUBATOR BISNIS UNTUK MENYIAPKAN PENDIDIK BAGI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TATA KECANTIKAN
Abstract
Ditunjukan untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan selain menjadi pendidik yang profesional juga harus dapat membekali diri untuk dapat menjadi seorang pengusaha dengan ilmu-ilmu yang didapat untuk bekal menjadi seorang pendidik yang profesional di SMK yang salah satu tujuannya yaitu menciptakan wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model inkubator bisnis dan mengembangkan model inkubator bisnis sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan dari mata kuliah yang mendukung kegiatan berwirausaha.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development, yang dibagi dalam tiga tahap yaitu, tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi atau validasi. Studi pendahuluan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, penelusuran dokumen dan observasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan kualitatif dengan triangulasi sumber. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi, sehingga menghasilkan model akhir yang tervalidasi.
Hasil penelitian menunjukan model akhir inkubator bisnis yang tervalidasi oleh para pakar dan praktisi untuk mengembangkan usaha salon kecantikan mahasiswa prodi Pendidikan Tata Kecantikan sebagai bekal untuk mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan. Model incubator bisnis yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan adalah model incubator bisnis yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu incubator bisnis untuk meningkatkan kompetensi usaha salon kecantikan. Model incubator bisnis yang dihasilkan ialah model hipotetik incubator bisnis yang sudah divalidasi oleh pakar dan praktisi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.