Pengaruh Profitabilitas sebagai Variabel Intervening Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal
Indah Yuliana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Abstract
Abstrak: Pengaruh Profitabilitas sebagai Variabel Intervening Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal melalui profitabilitas sebagai variabel pemediasi. Metode pengujian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pemodelan persamaan struktural dengan program SmartPLS 3.3.0. Sampel yang digunakan di penelitian ini yaitu laporan tahunan perusahaan yang tersedia di Indonesia Stock Exchange (IDX) tahun 2018-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, melalui cara itu dihasilkan sampel sebesar 50 perusahaan. Sales growth ratio digunakan sebagai indikator pengukuran tingkat pertumbuhan penjualan, debt to equity ratio sebagai indikator pengukur struktur modal dan profitabilitas sebagai pemediasi diukur dengan return on asset. Setelah dilakukan analisis, hasil penelitian membuktikan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal serta profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal.
Kata Kunci: Pertumbuhan penjualan, Struktur Modal, Profitabilitas
Abstract: The Influence of Profitability as an Intervening Variable Sales Growth on the Capital Structure. The study is intended to examine and analyze the direct and indirect effect of sales growth on capital structure through profitability as a mediating variable. The test method used in this research is structural equation modeling with the SmartPLS 3.3.0 program. The sample used in this study is the annual report available on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2018-2020. The sampling technique used is purposive sampling, through which a sample of 50 companies is generated. Sales growth ratio is used as an indicator to measure sales growth rate, debt to equity ratio as an indicator to measure capital structure and profitability as a mediator is measured by return on assets. After the analysis, the research results prove that sales growth has a negative and insignificant effect on capital structure, sales growth has a positive and insignificant effect on profitability, profitability has a negative and significant effect on capital structure and profitability is not able to mediate the effect of sales growth on capital structure.
Keywords: Sales growth, Capital Structure, Profitability
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v11i1.45978
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Heni Kurniati, Indah Yuliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Archive, Citation & Indexing:
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.