Analisis Faktor Adopsi E-Wallet Gopay, OVO, dan DANA dengan Model UTAUT2 pada Masyarakat Jawa Barat
Brady Rikumahu, Universitas Telkom, Indonesia
Abstract
Analysis of the Gopay, OVO, and DANA E-Wallet Adoption Factors with the UTAUT2 Model in the West Java. Fintech is changing the banking industry, reshaping business, and changing the way consumers manage and use money. This study's purpose is to examine the factors that affect the adoption of e-wallet, a product of fintech in West Java using the UTAUT 2 model. This study used data collection techniques in the form of surveys by distributing online and manual questionnaires. The respondents of this research are 400 users from Gopay, OVO, or DANA, domiciled in West Java, and ranging in age from 18-40 years. This study used the PLS-SEM model. The results showed that there were three accepted hypotheses. Only the Habit variable (H7a) has a positive significant effect on the Behavioral Intention, while the other variables have no significant effect. Also, it was found that the variables of Facilitating Conditions (H4b) and Behavioral Intention (H8) had a significant positive effect on Use Behavior. In addition, only the Gender variable moderates the independent variable with the dependent variable.
ABSTRAK
Analisis Faktor Adopsi E-wallet Gopay, OVO, dan DANA dengan Model UTAUT2 pada Masyarakat Jawa Barat. Fintech telah mengubah industri perbankan, membentuk kembali bisnis, dan mengubah cara konsumen mengatur dan menggunakan uang mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-wallet yang merupakan produk dari fintech pada masyarakat Jawa Barat menggunakan model UTAUT 2. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa survei dengan menyebarkan kuesioner secara online dan manual. Responden penelitian ini merupakan 400 pengguna dari Gopay, OVO, atau DANA, berdomisili di Jawa Barat, dan berusia 18-40 tahun. Penelitian ini akan menggunakan model PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga hipotesis yang diterima. Hanya variabel Kebiasaan (H7a) yang berpengaruh signifikan positif dengan niat menggunakan, sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh signifikan. Kemudian ditemukan bahwa variabel Kondisi Pendukung (H4b) dan Niat Menggunakan (H8) berpengaruh signifikan positif dengan perilaku menggunakan. Kemudian, hanya variabel jenis kelamin yang memoderasi variabel independen dengan variabel dependen.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v11i1.43075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yulia Wahyuni Saragih, Brady Rikumahu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Archive, Citation & Indexing:
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.