KEEFEKTIFAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA THAMMASAT UNIVERSITY, THAILAND

Wandah Waenawae, , Thailand
Pujiati Suyata, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Permasalahan penelitian adalah perbandingan keefektifan metode diskusi kelompok dan bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa di Thammasat University, Thailand. Tujuan penelitian untuk menentukan metode pembelajaran yang lebih efektif antara metode diskusi kelompok dan bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa di Thammasat University, Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan kajian Asia Tenggara di Thammasat University yang mengambil mata kuliah pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang belajar bahasa Indonesia di kelas dasar. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar penilaian performansi keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen diperiksa melalui teknik interrater. Data kemudian dianalisis menggunakan Independent Sample Test dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode bermain peran lebih efektif daripada metode diskusi kelompok untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia mahasiswa Thammasat University, Thailand.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

THE EFFECTIVENESS OF PROMOTING THE INDONESIAN SKILL THROUGH GROUP DISCUSSION AND ROLE PLAY METHODS ON THE STUDENT OF THAMMASAT UNIVERSITY, THAILAND

 

Abstract

The problem is the comparative effectiveness method for improving the Indonesian speaking skill of the students of Thammasat university,Thailand. The study is aimed to discribe the effectiveness comparison of the more effective method between group discussion and role play methods in improving the Indonesian speaking skill of the students at Thammasat university,Thailand. The research was quasi-experimental. The population was all of the Southeast Asian Studies Program students of Thammasat University, Thailand who took a course in the teaching of Indonesian as a foreign language. The sample was the students at the beginning class. The data collection used the performance appraisal instrument sheets of Indonesian speaking skill. The validity of the instrument was using content validity. The reliability of the instrument examined using the interrater technique. The data were analyzed using Independent Sample Test with SPSS 17.00 for Windows. The result of the research proves that the role play method is more effective than the group discussion method in improve the Indonesian speaking skill of the students of Thammasat University, Thailand.

Keywords: speaking skill, group discussion, and role play

Keywords


keterampilan berbicara; diskusi kelompok; dan bermain peran

Full Text:

PDF

References


Fachrurrozi, Aziz & Mahyuddin, Erta. (2010). Pembelajaran bahasa asing metode tradisional dan kontemporer. Jakarta: Bania Publishing.

Harun, Charlotte A. & Nadiroh, Siti. (2010). Role play dalam pembelajaran speaking di kelas III sekolah dasar [Versi electronik]. Jurnal pendidikan dasar Nomor: 14- Oktober 2010.

Hayati, Yenni. (2010). Inovasi perkuliahan sejarah sastra Indonesia dengan menggunakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor [Versi electronik]. Jurnal bahasa dan seni Vol.11 Nomor: 1 Tahun 2010.

Iskandarwassid. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.

Jingjit, J. (15 Agustus 2011). The southern border to Asian have to change the opinion of Bangkok. Diambil pada tanggal 10 Juli 2012, dari http://deepsouthwatch.org/dsj/2204.

Muliastuti, Liliana. (2009). Prinsip-prinsip metode pengajaran bahasa Indonesia. Makalah disajikan dalam Diklat Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing, di Universitas Negeri Jakarta.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progretif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tomkins, P.K. (Agustus 1998). Role-playing/simulation. The internet TESL Journal. Vol. IV No.8, Diambil pada tanggal 2 Januari 2010, dari http://SIMULASI/Tompkins-Role Playing_simulation (I-TESL-J).html.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v2i1.5410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Wandah Waenawae, Pujiati Suyata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats