PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MEDIA LAGU MEDLEY SISWA KELAS VIII SMP SINTANG

Rohanawati Silalahi, SMP Negeri 4 Sintang Kalimantan Barat, Indonesia
Haryadi Haryadi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran menulis puisi bebas melalui media lagu medley siswa kelas VIII B SMP Sintang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Sintang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara, catatan lapangan, angket, evaluasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar wawancara, lembar catatan lapangan, lembar angket, lembar tes hasil belajar dan lembar portofolio serta dokumentasi foto kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media lagu medley dapat meningkatkan pembelajaran menulis puisi bebas. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata keterampilan menulis puisi bebas siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 55,23, pada saat siklus I meningkat menjadi 71,18, dan pada siklus II meningkat menjadi 73,4.

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DEVELOPING THE TEACHING OF FREE VERSE WRITING THROUGH MEDLEY SONG MEDIA TO GRADE VIII STUDENTS OF SMP SINTANG

 

Abstract

This study aims to improve the teaching of free verse writing through medley song media to Grade VIII B students of SMP Sintang. The research subjects were Grade VIII B students of SMP Sintang,. This was a classroom action research (CAR). The research procedure and implementation were conducted in two cycles. The data were collected through observations, field notes, questionnaires, evaluations, and documentations. The data collecting instruments included interview sheets, field note sheets, questionnaire sheets, learning achievement test sheets, portfolio sheets, and documents of activity photographs. The data were analyzed by means of quantitative and qualitative techniques. The results of the study showed that the use of medley song media is capable of improving the teaching of free verse writing. The improvement of the outcome or product is indicated by the comparison of the students’ mean score of the free verse writing skill in each cycle. Their mean score in the pre-action stage is 55.23, improving to 71.18 in Cycle I and 73.4 in Cycle II.

Keywords: free verse writing, medley song media

Keywords


menulis puisi bebas; media lagu medley

Full Text:

PDF

References


Campbell, D. (2001). Efek mozart memenfaatkan kekuatan musik untuk mempertajam pikiran, meningkatkan kreativitas, dan menyehatkan tubuh (terjemahan Termaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama (Buku asli diterbitkan tahun 1997).

Depdikbud. (1988). KBBI. Jakarta: Balai Pustaka

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press

Jocson, K. (2011). “Poetry in a new race era”. Daedalus; proquest Agriculture Journals. Diakses pada tanggal 21 Maret dari: www.mitpressjournals.org/toc/daed/140/1

Kamus Bahasa Inggris Online - Kamus Inggris Indonesia. (2014). Kamus online Indonesia-Inggris. Diambil pada tanggal 14 April 2014 dari: http://www.artikata.com/arti-346320-puisi.html

Kemendikbud. (2012). Pedoman FLS2N (festival Lomba Seni Siswa Nasional. Jakarta: Kemendikbud

Lado, R. (1974). Language teaching. NewYork: Macmillan Publising Company.

Pusat Kurikulum. (2006). Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Purkurbuk

Situmorang, B. P. (1993). Puisi dan metodologi pengajarannya. Flores: Nusa Indah.

Suryaman, M. (2012). Metodologi pembelajaran bahasa.Yogyakarta: UNY Press

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H. J. (1987). Teori dan apresiasi puisi. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v2i1.5409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Rohanawati Silalahi, Haryadi Haryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats