Pengembangan tes membaca bahasa Indonesia berbasis web bagi mahasiswa Thailand di Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes hasil belajar pemahaman membaca Bahasa Indonesia berbasis web yang dapat digunakan oleh mahasiswa Thailand tingkat dasar. Subjek yang terlibat dalam uji coba adalah 12 mahasiswa Thailand yang kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Uji coba tes berjumlah tiga orang, sedangkan uji coba kelayakan web berjumlah sembilan orang. Data yang digali dalam penelitian ini adalah data dari angket dan data uji coba tes. Data dari angket menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan data uji coba tes analisis menggunakan program ITEMAN. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Proses pengembangan UKBIPUTH berbasis web terdiri atas dua tahap, yaitu tahap pengembangan tes dan pengembangan web. Tahap pengembangan tes diawali dengan penyusunan kisi-kisi, menyusun butir-butir soal dan ditelaah butir tes oleh ahli serta merevisi, uji coba tes, dan analisis butir tes. Selanjutnya tahap pengembangan web diawali dengan mendesain flowchart dan storyboard serta pembuatan produk, kemudian produk divalidasi oleh ahli media, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar; (2) Karakteristik tes pilihan ganda, tes benar/salah, dan tes menjodohkan memiliki validitas isi tes baik dan koefisien reliabilitas tes masing-masing kategori tinggi. Analisis butir tes berdasarkan tingkat kesukaran butir tes baik dan efektivitas pengecoh butir tes baik; (3) Hasil penilaian dari aspek tampilan web dengan berkategori baik; (4) Hasil penilaian dari aspek sistem web dengan berkategori baik.
Developing web-based Indonesian language reading test for Thai students at the Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
This study aims to develop an elementary level web-based Indonesian reading comprehension test for Thai students. The data collection instruments included evaluation sheets for the material and media experts and questionnaires to individual students on the field trials. The test items were analysed using the Iteman. The quantitative descriptive analysis technique was used to analyse the data. The results of this study are as follows: (1) The process of developing the web-based UKBIPUTH is done in two steps; they are the development of test and the development of web. The development of test was started by developing test items and later validated by the experts, test try-out, and finally test items analysis; (2) Characteristics of the multiple-choice test, true-false test, and matching test are described as follows: the content validation was good and the test reliability of Alpha respectively 0.748, 0.762, and 0.772. Based on the analysis by using ITEMAN item, the tests have a good difficulty index and the effectiveness of the test items distractors are good because the distractors work well; (3) The final product gets the evaluation in the aspect of appearance which is categorized ‘good’ with an average score of 3.80; (4) The final product gets the evaluation in the system aspects is categorized as ‘good’ with an average score of 4.10. The web-based test tool, UKBIPUTH is fit to be used to measure elementary level Indonesian reading comprehension of Thai students.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Adiutama, G. (2017). Tren anak muda Thailand belajar Bahasa Indonesia. Retrieved from https://www.kompasiana.com/genturtama/58e6650ae7afbd720ec119d9/tren-anak-muda-thailand-belajar-bahasa-indonesia?page=all
Ahuja, P., & Ahuja, G. C. (2010). Membaca secara efektif dan efisien (T. Martian). Bandung: Kiblat Buku Utama.
Alderson, J. C. (2000). Assessing reading. Assessing Reading. https://doi.org/10.1017/cbo9780511732935
Annisa, R. I. (2013). Pengembangan alat tes UKBIPA-membaca berbasis teknologi informasi untuk mengukur kompetensi membaca pembelajar BIPA. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Ardiyanto, H., & Fajaruddin, S. (2019). Tinjauan atas artikel penelitian dan pengembangan pendidikan di Jurnal Keolahragaan. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 83–93. https://doi.org/10.21831/JK.V7I1.26394
Ariyanto, A. (2017). Pengembangan tes Strukturen und Wortschatz berbasis web mengacu pada Gemeinsamer Europäischer Referenzrahmen (GER). LingTera, 4(1), 35–44. https://doi.org/10.21831/lt.v4i1.13584
Arumdyahsari, S., Hs, W., & Susanto, G. (2016). Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat madya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 828–834. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6263
Astika, G. (1995). Penelitian Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing: Latar belakang, landasan teoritis dan prosedur pengumpulan data. Majalah Komunikasi Maranatha, 2(2).
Bodmann, S. M., & Robinson, D. H. (2004). Speed and performance differences among computer-based and paper-pencil tests. Journal of Educational Computing Research, 31(1), 51–60. https://doi.org/10.2190/GRQQ-YT0F-7LKB-F033
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: an introduction (7th ed.). Boston, MA: Allyn and Bacon.
Grabe, W. (2009). Reading in a second language: Moving from theory to practice. Ernst Klett Sprachen.
Halimah, A. (2014). Metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca dan menulis di SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 27–35. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/539
Iskandarwassid & Sunendar, D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismail, I. (2016). Korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah. Edu Research, 5(1), 63–66. Retrieved from http://e-journal.upp.ac.id/index.php/EDU/article/view/885
Kantor Urusan Internasional dan Kemitraandan Universitas Negeri Yogyakarta. (2014). UNY-Thailand. Retrieved from http://kuik.uny.ac.id/uny-thailand
Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di Indonesia. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1294
Nugrahanto, W. (2014). Mengembangkan minat baca di masyarakat Desa Pasanggrahan dan Desa Malongpong Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Dharmakarya, 3(1).
Nurhadi, N. (2006). Bagaimana meningkatkan kemampuan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.
Prayitno, G. B. (2010). Penerapan metode CIRC untuk meningkatkan pemahaman wacana fiksi dan wacana non fiksi di kelas X SMA Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Rumidjan, R., Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p062
Setiawan, A., Fajaruddin, S., & Andini, D. W. (2019). Development an honesty and discipline assessment instrument in the integrated thematic learning at elementary school. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 9–19. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.23117
Sukardjo, S. (2006). Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v6i1.17088
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aleeyah Masae
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.