Tindak tutur bertanya dosen dalam pembelajaran bahasa Inggris pada jurusan bahasa Inggris di STKIP Yapis Dompu

Ety Haerunnisa, SMA Negeri 2 Woja, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur bertanya dosen dalam proses pembelajaran pada jurusan bahasa Inggris di STKIP YAPIS Dompu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Subjek penelitian ini adalah tiga orang dosen yang mengajar pada jurusan bahasa Inggris semester IV di STKIP YAPIS Dompu, sedangkan objek penelitiannya adalah unit tindak tutur bertanya dosen dalam proses pembelajaran bahasa Inggris semester IV di STKIP YAPIS Dompu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat beberapa bentuk tindak tutur bertanya dosen dalam proses pembelajaran pada jurusan bahasa Inggris di STKIP YAPIS Dompu, (a) bentuk tindak tutur langsung literal, (b) bentuk tindak tutur langsung tidak literal, dan (c) bentuk tindak tutur tidak langsung literal, (2) terdapat beberapa fungsi tindak tutur bertanya dosen dalam proses pembelajaran pada jurusan bahasa Inggris di STKIP YAPIS Dompu, yaitu (a) meminta, (b) menguji, (c) mengkonfirmasi, (d) menawarkan, (e) memerintah, (f) memotivasi, (g) menegur, dan (h) mengapersepsi.

 

Lecturers’ speech acts in asking questions in English class at English Departement in STKIP Yapis Dompu

 

Abstract

This study aims to know and describe the forms and the function of lecturers’ speech acts in asking questions at semester IV of English Departement in STKIP YAPIS Dompu. The research design of this study was descriptive qualitative using naturalistic approach. The research subjects were the three lecturers while the objects were the lecturers’ speech acts in asking questions at semester IV of English Department in STKIP YAPIS Dompu. The results of the research are as follows: (1) there are some forms of lecturers’ speech act in asking questions at semester IV of English Departement in STKIP YAPIS Dompu, such as, (a) literal forms of direct speech act, (b) nonliteral forms of direct speech act, and (c) literal forms of indirect speech act, (2) there are some functions of lecturers’ speech act in asking questions at semester IV of English Departement in STKIP YAPIS Dompu, such as, (a) to ask, (b) to test, (c) to confirm, (d) to offer, (e) to command, (f) to motivate, (g) to reprimand, and (h) to construct apperception.


Keywords


tindak tutur bertanya dosen; lecturers’ speech acts in asking questions

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Ardianto, A. (2013). Tindak tutur direktif guru dalam wacana interaksi kelas anak tunarungu. LITERA, 12(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v12i01.1318

Fajaruddin, S. (2011). Analisis prinsip kerja sama Grice dalam naskah drama Dr. med.hiob. Prätorius karya Kurt Goetz. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Los Angeles: Sage.

Leech, G. (2011). Prinsip-prinsip pragmatik. (Terjemahan M.D.D Oka & Setyadi Setyapranata). New York: Longman Inc (Buku asli diterbitkan tahun 1993)




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v4i1.13585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ety Haerunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats