Taman Penitipan Anak se-Kapanewon Depok Sleman Yogyakarta: Kendala dan Solusi

Muthmainah Muthmainah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Cholimah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eka Sapti Cahya Ningrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Prayitno Prayitno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kendala, materi yang diperlukan, dan solusi bagi para pengasuh dan pendidik di Tempat Penitipan Anak (TPA) se-Kapanewon Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama dan wawancara sebagai pelengkap. Data selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kendala yang dihadapi meliputi 41.7 % terkait strategi pelibatan orang tua; 16.7 % terkait pengembangan kurikulum TPA; 16.7 % terkait penilaian dan pelaporan perkembangan anak; dan 8.3 % terkait stimulasi perkembangan anak berbagai usia, 2) Materi yang diperlukan yaitu 50 % pendidik dan pengasuh TPA memerlukan materi tentang deteksi dini tumbuh kembang; 25 % tentang pengembangan kurikulum TPA; dan 25 % tentang pengembangan ragam stimulasi perkembangan anak berbagai usia, termasuk pada anak berkebutuhan khusus, 3) Solusi yang diharapkan yaitu psikoedukasi, workshop dan pendampingan berkala sesuai kebutuhan. Pengasuh TPA memiliki tanggung jawab yang besar, serta perlu dipikirkan dan direalisasikan terkait peningkatan kompetensi, kesejahteraan, dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait, khususnya orang tua.   


Keywords


TPA, kendala, solusi, anak

References


Asmawati, L. (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Bisri, M. (2016). Dasar-dasar pendidikan anak prasekolah. Yogyakarta: Perama Ilmu.

Conley, A. (2010). Childcare: Welfare or Investment? International Journal of Social Welfare, 173-181.

Evridawati, B. (2024). https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/taman-penitipan-anak-tpa-di-mata-orang-tua-pekerja?ref=MTI3M

i0xZjUwZTE3NA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=

Finch, J.E.; Johnson, A.D. & Philips, D.A. (2015). Is sensitive caregiving in child care assosiated with children's effortful control skills? An exploration of linear and threshold effects. Early Childhood Research Quarterly, 31, 125-134.

Fazrin, I., Widiana, D., Retno, I. T., Jaha, K. B., Nuralita, M. A., & Yandri, M. S. (2018). Pendidikan kesehatan deteksi dini tumbuh kembang pada anak di Paud Lab School UNPGRI Kediri. Journal of Community Engagement in Health, 1(2). 6 – 14. https://doi.org/10.30994/jceh.v1i2.8

Gunawan, G; Destiana, R.; Rusmil, K. (2011). Gambaran Perkembangan Bahasa dan Berbicara Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13,1, 21-25.

Hendrawati, S., Mardhiyah, A., Mediani, H. S., Nurhidayah, I., & Mardiah, W. (2018). Pemberdayaan kader posyandu dalam stim- ulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK) pada anak usia 0 – 6 tahun pendahuluan pembangunan kesehatan merupakan bagian dari upaya membangun manusia seutuhnya, antara lain dengan diselenggarakannya. Media Karya Kesehatan (MKK), 1(1), 39–58. https://doi.org/10.24198/mkk.v1i1.17263. g8579

Mardhiyah, A., Sriati, A., & Prawesti, A. (2017). Analisis pengetahuan dan sikap kader tentang deteksi dini tumbuh kembang anak di Desa Pananjung Pangandaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 378-383.

Morrison, G. (2012). Dasar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

PAUD, D. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Result. Annual Review of Psychology, 44, 613-644.

Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pratiwi, D. (2017). Psikoedukasi untuk meningkatkan pemahaman tentang problem insomnia pada lansia. Procedia: Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 5(1), 8–11. https://doi.org/10.22219/ procedia.v5i1.16277

Rachmaniah, Dini. (2012). Pengaruh Psikoedukasi terhadap kecemasan dan Koping orang tua dalam merawat anak dengan Thalasemia Mayor di RSU Kabupaten Tangerang Banten. Universitas Indonesia - Thesis). Retrieved from https://lib.ui. ac.id/detail.jsp?id=20300920

Riduwan. (2004). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Roykhana, D. N. N., Tirto, B. H., & Nugraha, P. P. (2018). Faktor- faktor yang berhubungan dengan evaluasi program deteksi dini tumbuh kembang balita di taman posyandu puskesmas lamongan. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(1). https://doi.org/10.14710/jkm.v6i1.20308

Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2022). Deteksi dini motorik kasar pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10. 31004/obsesi.v6i1.1368

Sholaikhah sulistyoningtyas, E. F. (2020). Pelatihan deteksi dini tumbuh kembang balita dengan KPSP pada guru TK ABA kecamatan Wirobrajan Yogyakarta. Jurnal Inovasi Abdimas Kebidanan (JIAK), 1(1), 23–27. https://doi.org/10.32536/jpma. v1i1.67

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini dimasa pandemi corona virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Wahyuni, S. (2013). Pembinaan Karakter Pendidik PAUD Berbasis Nilai-nilai Agamis. Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, S. (2014). Perencanaan Strategis Pengembangan Lembaga PAUD Terpadu: Studi multikasus pada Tiga Lembaga PAUD Terpadu di Kota Malang. Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, S. (2015). Peningkatan Nilai Strategis Jasa Layanan Lembaga PAUD: Studi Multisitus pada Tiga Lembaga PAUD di Kota Malang. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wiyani, N.A. (2016). Konsep dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v8i2.74505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats