Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir
DOI:
https://doi.org/10.21831/diklus.v7i2.59609Keywords:
peran, kelompok sadar wisata, pemberdayaan, masyarakat pesisirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait peran kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dalam pemberdayaan masyarakat pada Wisata Bahari Pancer Puger Desa Puger Kulon Kecamatan Puger. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ini berlokasi di Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pancer Lestari, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Sadar Wisata Pancer Lestari telah menjalankan perannya sebagai motivator, penggerak, dan komunikator. Peran tersebut mampu memberdayakan masyarakat pantai Puger dalam pengelolaan dan pengembangan wisata melalui pemberdayaan masyarakat yang meliputi upaya enabling, empowering dan protecting.
References
Andriyanto, F., dan W. (2021). Peran Pokdarwis Dewa Bejo Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Bejiharjo. Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintah, 6(2), 115–131.
Ariefianto, L., & Hilmi, M. (2019). The Contribution Nonformal Education in Tourism Development Through Empowerment and Training of Street Vendors. Journal of Nonformal Education, 5(1), 15–24.
Ariefianto, L., Hilmi, M. I., Indrianti, D. T., Fajarwati, L. and P. (2021). Management Strategy of Corporate Social Responsibility (CSR) in The Limestone Area of Mount Sadeng, Puger. 3rd International Conference on Environmental Geography and Geography Education, ICEGE 2019.
Aswari, S., A. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatankerajinan Tangan Ecenggondok "˜Iyan Handicraft' (Studi Di Dusun Kenteng, Gadingsari, Sanden,Bantul, Yogyakarta). DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 194–208.
Daher, I. (2020). Peran Agen Perubahan Sebagai Pelaku Pembangunan dalam Pengembangan Kelompok Sosial di Wisata Desa Sidoluhur. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 8–13.
Dewi, F. A., Fajarwati, L. (2021). Local Knowledge: Analisis Pengetahuan Lokal Masyarakat Pesisir dalam Menghadapi Perubahan Iklim. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 31–37.
Fahrizal, N. (2021). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Memanfaatkan Potensi Lokal (Studi Kasus Pokdarwis Situ Pengasinan Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok).
Fitriani, D. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Di Desa Wisata Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 62–73.
Hilmi, M. I., Deditiani, T, I., Ariefianto, L., Fajarwati, L., Purnamawati, P., Amilia, R. (2023). Indigenous learning in coastal community empowerment at Jember Regency. AIP Conference Proceedings The First Internastional Conference on Neuroscience and Learning. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/5.0111289No Title
Hiryanto, H., Tohani, E., & Miftahuddin, M. (2020). Peningkatan Kapasitas Pengurus Karangtaruna melalui Optimalisasi Modal Sosial dalam Pengembangan Desa Wisata. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 32–44.
Kartasasmita, G. (1996a). Pembangunan Untuk Rakyat, Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Cidensindo.
Kartasasmita, G. (1996b). Pembangunan untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. CIDES.
Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat dalam Prespektif Kebijakan Publik (5th ed.). Alfabeta.
Nurhayati, D. (2019). Strategi Membangun Trust Dalam Pengelolaan Wisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Di Goa Pindul, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 132–138.
Palenti, C., Prasetyo, I., & Gusti, R. (2020). Pendampingan Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata melalui Pemetaan Kebutuhan. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 11–20.
Pangastuti, A., & Indrianti, D. (2020). Peran Literasi Informasi Dalam Program Pengelolaan Lingkungan Masyarakat Pesisir. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 50–55.
Putra, M., Imsiyah, N., & Ariefianto, L. (2020). Pengolahan Limbah Ikan Terhadap Keberdayaan Masyarakat Pesisir Di Dusun Sampangan Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 16–19.
Rahim, F. (2020). Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata.
Rahman. M. A., dan M. I. H. (2021). Hubungan Pemberdayaan Masyarakat Perajin "Bernyet" Dengan Kesejahteraan Keluarga di Desa Poncogati Kabupaten Bondowoso. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 66–69.
Soerjono Soekanto. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2018). Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Suharto, E. (2017). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategi Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial. PT Refika Aditama.
Wulandari, N., Indrianti, D.T., Hilmi, M. I. (2022). Analisis Gender Peran Perempuan Pesisir Pada Ketahanan Keluarga Di Desa Puger Kulon Kabupaten Jember. JENDELA PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 52–60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
![]() | Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |