Potret Permasalahan Sumber Daya Manusia di KB/TK Puspa Melati, Kaliwates, Jember

Ayunda Alifiya Damayanthi, Universitas Jember, Indonesia
A T Hendrawijaya, Universitas Jember, Indonesia
Nani Sintiawati, Universitas Jember, Indonesia

Abstract


Pengembangan sumber daya manusia merupakan sebuah upaya memberikan dorongan kepada seluruh bagian organisasi supaya belajar lebih banyak untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik dengan keterampilan dan kemampuan yang telah dimiliki. KB/TK Puspa Melati merupakan sebuah lembaga pendidikan di Kabupaten Jember untuk anak usia dini yang telah terakreditasi A dan melaksanakan pembelajaran dengan bernapaskan nilai-nilai Islami. Namun, terdapat beberapa permasalahan di KB/TK Puspa Melati seperti kedisiplinan karyawan, profesionalitas rekrutmen SDM, kreativitas pendidik dalam membuat APE dan mendongeng, dan minat baca/literasi karyawan. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk memaparkan permasalahan SDM sekaligus alternatif solusi permasalahan tersebut di KB/TK Puspa Melati. Adapun subjek penelitian sasaran yang penulis tentukan ialah anggota dari struktur organisasi KB/TK Puspa Melati yang meliputi kepala pengelola, pendidik, dan staf kependidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penggalian data berupa observasi dan wawancara terarah (guided interview). Beberapa solusi dan ide penyelesaian permasalahan terkait SDM KB/TK Puspa Melati bisa melalui pengimplementasian pelatihan APE dan mendongeng, menyediakan sumber bacaan untuk meningkatkan literasi, dan perbaikan kualitas lembaga dari sisi peserta didik dan sarana prasarana yang mendukung.


Analysis of Human Resources Organization Issues in Puspa Melati Playgroup, Kaliwates, Jember

Abstract: Human resource development is an effort to provide encouragement to all parts of the organization so that they learn more to create a good work environment with the skills and abilities they already have. Puspa Melati Playgroup is an educational institution in Jember Regency for early childhood that has been accredited A and carries out learning with Islamic values in mind. However, there are several problems at Puspa Melati Playgroup such as employee discipline, professionalism in human resource recruitment, educator creativity in making educational game tools (APE) and storytelling, and employee interest in reading/literacy. Thus, this article aimed to describe human resource problems as well as alternative solutions to these problems at Puspa Melati Playgroup. The target research subjects that the authors determine were members of the Puspa Melati Playgroup organizational structure which includes the head of management, educators, and educational staff. This study used a qualitative approach with data collection techniques in the form of observation and guided interviews. Several solutions and ideas for solving problems related to Puspa Melati Playgroup human resource can be through implementing educational game tools (APE) training and storytelling, providing reading sources to increase literacy, and improving the quality of institutions from the perspective of students and supporting infrastructure.


Keywords


pelatihan; pengembangan; organisasi; sumber daya manusia, training; development; organization; human resource

Full Text:

PDF

References


Ashadi, F. (2016). 117820-ID-pengembangan-sumberdaya-manusia-dalam-le. Seminar Nasional Pendidikan 2016 “Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknilogi Dalam Membangun Intelektual Bangsa Dan Menjaga Budaya Nasional Di Era MEA,” 1, 717–729.

Asmawati, L. suparno. soleh hidayat. (2020). Early Childhood Teacher Literacy Improvement through Storytelling Training. Jpp Paud Fkip Untirta, 7(November), 133–144.

Azra, M. Z., & Kurniawan, D. (2021). Implementasi Konseling Industri dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di PT. Arara Abadi Distrik Nilo. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 5(2), 232. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i2.12067

Brantasari, M., & Hanita. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Paud (Studi Kualitatif) Di Kota Samarinda. Sistema: Jurnal Pendidikan, 1(2), 5.

Cahyanti, F. A. (2020). Pemilihan media konseling yang tepat untuk meningkatkan motivasi karyawan. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 271–275.

Cahyo, A. N. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan dalam Meningkatkan Daya SAing SDIT AR-Rahmah, Pacitan. Muslim Heritage, 1(2), 263–286.

Fitriany, R. (2019). Pengaruh Pelatihan Coaching untuk Meningkatkan Kinerja Supervisor pada Divisi Wiraniaga Di PT. X. Psyche 165 Journal, 12(1), 70–77. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v12i1.52

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831

Hendrawijaya, A. T. (2020a). Human resource management in improving students’ academic achievement mediated by teacher’s performance. Problems and Perspectives in Management, 18(1), 242–253. https://doi.org/10.21511/ppm.18(1).2020.21

Hendrawijaya, A. T. (2020b). The effect of non-formal education mediation on human resources development. Academy of Strategic Management Journal, 19(2), 1–12.

Katherin, & Bernarto, I. (2021). Coaching, Mentoring dan Konseling Karir sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kinerja PNS Badan Kepegawaian Negara. Civil Service, 15(2), 81–93.

Khotimatus Sa’diyah, Niyarci, Latiana, L., & Formen, A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kualitas Pendidik PAUD. PEDAGOGIKA (Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan), 2(1), 40–46.

Mopangga, A. (2021). Konsep Teknik Coaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Di Tk Negeri Pembina Tabongo Kabupaten Gorontalo. Seminar Nasional PAUD Holistik Integratif, September, 65–78.

Munib, Farida, S., & Nisa, A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Sekolah Paud Tahfidz. Iqtisodina, 3(1), 101–120.

Novitasari, D., Asbari, M., Amri, L. H. A., & Hutagalung, D. (2021). Mengelola Komitmen Dosen: Analisis Peran Modal Psikologis dan Leaders Coaching. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 198–213. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1845

Nurhayat, D. (2016). Evaluasi dan Pengambangan Model Coaching dalam Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II di Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Wacana Kinerja, 19(1).

Putra, Y. D., & Sobandi, A. (2019). Pengembangan sumber daya manusia sebagai faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 127. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14963

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rahma, A. (2020). Upaya Peningkatan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Tk Ar-Raif, Kalasan Sleman, Yogyakarta. Qurroti : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 237–248. https://doi.org/10.36768/qurroti.v2i2.132

Selvi, I. D., & Wulantaka, N. N. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Atribut dan Organisasi. Paudia, 9(1), 105.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Utama, S. T. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Dan Prestasi Perusahaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 281–287.

Vera Sophya, I. (2018). Membangun Kepribadian Anak Dengan Dongeng. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 183. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4272

Yulianti, Y., & Rozi, F. (2021). Pengaruh Fasilitas, Pelayanan dan Koleksi Buku terhadap Minat Baca. Business and Accounting Education Journal, 2(3), 318–329. https://doi.org/10.15294/baej.v2i3.56568




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.54515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats