Literasi Digital: Pemberdayaan Perempuan pada Kelompok Dasa Wisma di Kabupaten Banyuwangi

Lusi Dwi Susanti, Universitas Negeri Jember, Indonesia
Deditiani Tri Indrianti, Universitas Negeri Jember, Indonesia
Muhammad Irfan Hilmi, Universitas Jember, Indonesia
Silvia Mariah Handayani, Southern Cross Univerity, Australia

Abstract


Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran literasi digital dalam gerakan perempuan di kelompok Dasa Wisma di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian berlokasi di Dusun Balerejo, RT/RW 03/02, Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Penentuan informan dari penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan literasi digital anggota Dasa Wisma dilakukan dengan pendekatan secara konseptual yang berfokus pada aspek pengembangan kognitif dan sosial emosional. Pengetahuan dan kemampuan literasi digital berperan penting bagi kelompok Dasa Wisma dalam upaya memberdayakan perempuan, yakni upaya peningkatan kesejahteraan, memberikan akses agar lebih memiliki produktivitas, konsientisasi anggota, partisipasi di setiap kegiatan, dan kesetaraan dalam kekuasaan yang belum memiliki kontrol atau kuasa dalam pengambilan keputusan. 

Digital Literacy: Empowering Women in the Dasa Wisma Group in Banyuwangi Regency

Abstract: This research aims to identify and describe the role of digital literacy in the women's movement in the Dasa Wisma group in Banyuwangi Regency. This research uses a descriptive type of research with a qualitative approach. The research location is in Balerejo Hamlet, RT/RW 03/02, Bumiharjo Village, Glenmore District, Banyuwangi Regency. Determination of informants from this research using snowball sampling technique. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. Data analysis used the Miles and Hubberman model are data collection, data reduction, and drawing conclusions. The results showed that the digital literacy knowledge of Dasa Wisma members was carried out with a conceptual approach that focused on aspects of cognitive and social emotional development. Digital literacy knowledge and skills play an important role for the Dasa Wisma group in efforts to empower women, namely efforts to improve welfare, provide more productive access, raise awareness of members, participate in every activity, and equality in power that does not have control or power in decision making.


Keywords


Literasi Digital; Pemberdayaan Perempuan; Kelompok Dasa Wisma, Digital Literacy; Empowering Women; Dasa Wisma Group

Full Text:

PDF

References


Cahyati, I. D., Hendrawijaya, A. T., & Indrianti, D. T. (2019). Peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Pengembangan Koperasi Wanita di Desa Prajekan Kidul Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 54–59.

Dwinandia, M. M., & Hilmi, M. I. (2022). Strategi Kader Bina Keluarga Balita (Bkb) Dalam Optimalisasi Fungsi Edukasi Keluarga. Comm-Edu (Community Education Journal), 5(2), 74. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v5i2.10705

Erika, D. (2019). Literasi Digital Perempuan pada Organisasi Persatuan Istri Prajurit (PERSIT). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 36–45.

Firdausya, I. (2020). Perempuan Kurang Melek Teknologi. Https://Mediaindonesia.Com/Humaniora/325865/Perempuan-Kurang-Melek-Teknologi.

Hadiningsih, R. R. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok PKK Studi pada Aktivis PKK di Dasawisma Dahlia Kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan.

Hilmi, M. I., Rahmawati, I., & Indrianti, D. T. (2020). Penguatan Kelembagaan Posyandu dalam Penanganan Masalah Stunting. IJACE: Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1), 7–9.

Julaicha, J. (2020). Kilasan Gerakan Perempuan di Indonesia. Https://Empuan.Id/Kilasan-Gerakan-Perempuan-Di-Indonesia/.

Kemdikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemenpppa. (2021). Peranan Perempuan dalam Literasi Digital di Masa Pandemi. Https://Www.Kemenpppa.Go.Id/Index.Php/Page/Read/29/3118/Peranan-Perempuan-Dalam-Literasi-Digital-Di-Masa-Pandemi.

Mardina, R. (2017). Literasi Digital Bagi Generasi Digital Natives.

Marzuki. (2007). Kajian Awal Tentang Teori-Teori Gender. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 4(2), 67–77.

Masyhud, S. (2014). Metode Penelitian. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Nafi’ah, B. A. (2020). E-Data Dasawisma: Penguatan Peran Perempuan Sebagai Agen Data Sipil Pemerintah Era Pasca Pandemi Covid-19. PAJ: Public Administration Journal of Research, 2(4), 454–463.

Ningati, P. D. M., Indrianti, D. T., & Hilmi, M. I. (2020). Keberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah pada Kelompok PKK Kelurahan Sumbersari, Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah2, 4(1), 20–22.

Novianti, D., & Fatonah, S. (2018). Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 1–14.

Nurdewanto, B., Yuniriyanti, E., & Sudarwati, R. (2015). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Dasa Wisma PKK. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 99–102.

Pangastuti, A., & Indrianti, D. T. (2020). Peran Literasi Informasi dalam Program Pengelolaan Lingkungan Masyarakat Pesisir. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah2, 4(2), 50–55.

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2017). Pelatihan Literasi Media Digital Bagi Murid-Murid Armidale English College (AEC) di Soreang Kabupaten Bandung Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 157–165.

Prastowo, A. I. (2020). Konsep Konsientisasi Paulo Freire dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam. Suhuf, 32(1), 1–13.

Puspitawati, H. (2013). Konsep, Teori, dan Analisis Gender. Bogor: Departe-men Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian.

Rahman, M. A., & Hilmi, M. I. (2021). Hubungan Pemberdayaan Masyarakat Perajin “Bernyet” Dengan Kesejahteraan Keluarga di Desa Poncogati Kabupaten Bondowoso. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah2, 5(1), 66–69.

Ramadhani, Y. S., Indrianti, D. T., & Fajarwati, L. (2022). Perempuan Dalam Tumbuh Kembang Anak (Studi Motivasi Belajar Anak Di Era Revolusi Industri 4.0). Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 17–23.

Ratnasari, S., Saripah, I., & Akhyadi, A. S. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah2, 5(1), 74–86.

Riyanto, P. (2020). Literasi sebagai Upaya Penanaman Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Taman Bacaan Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah2, 4(1), 45–54.

Suharta, R. B., Kusumawardani, E., & Hermawan, Y. (2021). Integrasi Program Sadar Wisata Dalam Membangun Kesadaran Literasi Di Desa Nglanggeran. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 47–63.

Sujarwo, S., Tristanti, T., & Kusumawardani, E. (2022). Digital literacy model to empower women using community-based education approach. World Journal on Educational Technology : Current Issues, 14(1), 175–188.

Supeni, R. E., & Sari, M. I. (2011). Upaya Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Pengembangan Manajemen Usaha Kecil (Studi Diskriptif pada Kegiatan Usaha Kecil Ibu-Ibu Desa Wirolegi Kabupaten Jember, Dampingan Pusat Studi Wanita UM Jember). Seminar Nasional Ekonomi Terapan Fakultas Ekonomi UNIMUS.

Ulya, F. N. (2021). Bank Dunia: Kesenjangan Digital Indonesia Lebar, 49 Persen Penduduk Belum Akses Internet. Https://Money.Kompas.Com/Read/2021/07/29/120100226/Bank-Dunia--Kesenjangan-Digital-Indonesia-Lebar-49-Persen-Penduduk-Belum-Akses?Page=all.

Wahidin, N., & Widianto, E. (2022). DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Digital pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Mentari Kabupaten Malang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1, 28–39.

Widyastuti, D. A. R., & Vidiadari, I. S. (2021). Pemanfaatan Media untuk Meningkatkan Kesadaran Perempuan terhadap Kesehatan Reproduksi. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat)2, 8(1), 18–29.

Wulandari, N., Indrianti, D. T., & Hilmi, M. I. (2022). Analisis Gender Peran Perempuan Pesisir pada Ketahanan Keluarga di Desa Puger Kulon Kabupaten Jember. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 52–60.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.49504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats