Analisis Penerapan Pendekatan dan Masalah Andragogi di PKBM Cahaya Binjai

Ewi Darman Ndraha, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Sonia Simamora, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Anggita Anastasya, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Hellisa Wahyuni, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Putri Amelia Saragih, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Putri Anjani, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Wina Hanna Siregar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Abstrak:  Pendidikan kesetaraan merupakan salah satu program pendidikan luar sekolah yang dilaksanakan oleh PKBM. Dalam pembelajaran kesetaraan perlu adanya pendekatan yang sesuai. Pendekatan yang sesuai dalam program kesetaraan adalah pendekatan andragogi. Pendekatan andragogi merupakan pendekatan yang menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa. Prinsip-prinsip tersebut digunakan karena mayoritas peserta didik merupakan orang dewasa yang memiliki cara belajar berbeda sehingga perlu diterapkan pendekatan andragogi agar peserta didik dapat termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana penerapan pendekatan dan masalah andragogi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Binjai. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi literatur. Berdasarkan hasil, penerapan pendekatan dan masalah andragogi dalam pembelajaran di PKBM Cahaya Binjai meliputi dalam proses pembelajaran pendidik menciptakan suasana yang kondusif dan efisien untuk belajar, melaksanakan kegiatan belajar dengan berbagai metode, teknik dan sarana belajar yang tepat, dan tutor tidak menggurui. Dan masalah belajar orang dewasa meliputi ketidakefektifan kegiatan pembelajaran, berkurangnya motivasi belajar orang dewasa, kurangnya pemahaman orang dewasa dalam memahami pembelajaran, dan ketidakterbukaan warga belajar akan pengalamannya, dari implikasi kegiatan ditemukanlah permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran di PKBM Cahaya Binjai yang meliputi ketidakefektifan kegiatan pembelajaran, berkurangnya motivasi belajar orang dewasa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, berkurangnya kesiapan orang dewasa untuk belajar, kurangnya pemahaman orang dewasa dalam memahami pembelajaran, tertutupnya orang dewasa untuk membagikan ilmunya serta pengalamannya, serta terdapatnya beberapa tutor yang memberi kesan menggurui, sekaligus memerintah.

Analysis of the Application of Andragogy Approaches and Problems at PKBM Cahaya Binjai

Abstract: Equality education is one of the out-of-school education programs implemented by PKBM.  In equality learning, it is necessary to have an appropriate approach.  The appropriate approach in the equality program is the andragogy approach.  Andragogy approach is an approach that uses the principles of adult learning.  These principles are used because the majority of students are adults who have different ways of learning so it is necessary to apply an andragogy approach so that students can be motivated in learning.  This study aims to find out how to apply andragogy approaches and problems at the Cahaya Binjai Community Learning Center (PKBM).  By using a qualitative approach, descriptive methods and data collection techniques include observation, interviews, and literature studies.  Based on the results, the application of the andragogy approach and problems in learning at PKBM Cahaya Binjai includes in the learning process educators create a conducive and efficient atmosphere for learning, carry out learning activities with various methods, techniques and appropriate learning facilities, and tutors are not patronizing. And adult learning problems include the ineffectiveness of learning activities, reduced adult learning motivation, lack of understanding of adults in understanding learning, and the openness of learning citizens to their experiences.  learning, reduced motivation to learn by adults in participating in learning activities, reduced readiness of adults to learn, lack of understanding of adults in understanding learning, adults are closed to share their knowledge and experiences, and the presence of several tutors who give the impression of being patronizing, as well as commanding.


Keywords


Andragogi; Pendekatan andragogi; Masalah andragogi, Andragogy; andragogy approach; andragogy problem

Full Text:

PDF

References


Arif, Z. (2012). Andragogi. In Bandung: Angkasa Bandung

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Anitah, S. (2012). Media Pembelajaran Surakarta: Yuma Pustaka.

Basleman, Anisah, & Mappa, Syamsu. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: Rosyda Karya.

Beilin, H., & Pufall, P. B. (2013). Piaget’s theory: prospects and possibilities. Psychology Press

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.

Daryanto. (2017). Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Gaya Media

Djumena, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Orang Dewasa Pada Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FKIP Untirta. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(1).

Fuady, A. (2021). Seri Buku Training: Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogy). PT Human Persona Indonesia.

Instruktur Pelatihan Keterampilan Menjahit di SPNF SKB Lima Puluh Kota. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 16–21.

Joko Susilo. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: PINUS

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Marzuki, Saleh. (2010). Pendidikan Non Formal.Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Mujiman, H. (2005). Belajar Mandiri. Rosdakarya.

Rifai, Ahmad. (2003). Desain-desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES Press.

Sanaky, H. A. (2009). Media Pembelajaran.Yogyakarta: Safira Insania Press.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sudjana, D. (2000). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.

Sudjana, D. (2011). Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung,serta Asas. In Bandung: Falah Production.

Sujarwo. (2015). Strategi Pembelajaran Partisipatif bagi Belajar Orang Dewasa (pendekatan andragogi). Majalah ilmiah pembelajaran UNY , 1-10.

Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Bumi Aksara.

Suprijanto. (2007). Prinsip orang dewasa

W.S Wingkel, (1997). Psikologo Pengajaran. Jakarta: Grasindo

Yuse, A. P., Jamaris, J., & Ismaniar, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa

Zainudin, A. (2012). Andragogi. Angkasa Bandung




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.49473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats