Pembelajaran Partisipatif Sebagai Metode dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran partisipatif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Stiper Berau. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data diperoleh dari, wawancara, observasi dan analisis dokumen. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Penerapan metode pembelajaran partisipatif dilakukan pada mata kuliah sosiologi pedesaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa tahapan yang dilakukan seperti, 1). Perencanaan: menyusun RPP, Silabus, materi dan bahan perkuliahan, 2). Pelaksanaan: perkenalan dosen dengan mahasiswa, penjelasan mengenai gambaran umum mata kuliah, dosen mempelajari latar belakang mahasiswa, terjadi komunikasi aktif antara dosen dengan mahasiswa, diskusi mahasiswa, dosen menjadi moderator yang mengatur jalannya diskusi, dosen melakukan konfirmasi ketika terjadi kesalahan mahasiswa dalam memahami isi materi, setiap pertemuan mahasiswa memiliki tingkat keaktifan yang tinggi, kecuali pada saat pembelajaran online, pemberian motivasi di akhir perkuliahan, 3). Penilaian: kemampuan mahasiswa meningkat (khususnya keaktifan berbicara, cara berpikir kritis, dan problem solving
Participatory Learning as A Method to Increase Student Learning Outcomes
Abstract: The purpose of this study was to determine the application of participatory learning methods in improving student learning outcomes of Stiper Berau. This type of research is descriptive qualitative research. Sources of data obtained from interviews, observations and document analysis. The data analysis technique uses data reduction, data display and data verification. The application of participatory learning methods is carried out in rural sociology courses. The results showed that there were several stages carried out such as, 1). Planning: preparing lesson plans, syllabus, lecture materials and materials, 2). Implementation: introduction of lecturers with students, explanation of the general description of the course, lecturers study the background of students, active communication occurs between lecturers and students, student discussions, lecturers become moderators who regulate the course of discussions, lecturers confirm when students make mistakes in understanding the content of the material , every student meeting has a high level of activity, except during online learning, giving motivation at the end of the lecture, 3). Assessment: students' abilities have increased (especially active speaking, critical thinking, and problem solving
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alzbeta Kucharcikova, Emese Tokarcikova. 2016. Use Of Participatory Methods In Teaching At The University. Slovak Republic : Journal Of Science And Technology. Volume 6, Issue 1
Abdulhak, I. 2000. Metodelogi pembelajaran orang dewasa. Bandung: Andira
Adrian, F, E & Ilyas. 2020. Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif pada Kursus Mahacoustic Music Management di Kota Semarang. Volume : 06 Nomor : 02 Bulan : Mei Tahun : 2020 http : //ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/ KSARA/index
Afifuddin, H .2005. Administrasi Pendidikan. Bandung: Insan Mandiri.
Aryanti Nurhidayati, Ernawati Sri Sunarsih. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Ranah Afektif Melalui Pembelajaran Model Motivasional. JIPTEK, Vol. VI No.2
Bruce M. 2013. Participatory Learning and Popular Education Strategies for Water Education. Universities Council on Water Resources. Journal of Contemporary Water Research & Education Issue 150
Dayat Hidayat.2016. Strategi Pembelajaran Partisipatif Dalam Meningkatkan Hasil Program Pendidikan Nonformal Di Kabupaten Karawang.Kabupaten Karawang- Jawa Barat : Journal Of Nonformal Education, Vol.2 No 1
Fita Nur Arifah .2016. Menjadi Guru : Teladan, Kreatif, Inspiratif, Motivatif & Profesional. Yogyakarta : Araska.
Hamzah, Sumardjo, Prabowo, T., & Siti, A. 2015. Model Pembelajaran Partisipatif Fakir Miskin Dalam Pengembangan Usaha Menuju Kemandirian.. Jurnal Teknodik Vol. 19 - Nomor 1
Ismanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal STAIN Kudus. Vol. 9, No. 2
Iskandar Polapa. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Andragogis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar. http://journal.iaingorontalo.ac.id/in ex.php/ir. Volume 11 Nomor 1
Kenneth, A, G., Joseph, G. A., & Douglas, D, A. 2020. Participatory Teaching And Learning Approach: A Framework For Teaching Redox Reactions At High School Level. International Journal of Education and Practice. Vol. 8, No.1
Kucharcikova A, Durisova M & Tukarcikova E (2015). The role plays implementation in teachingmacroeconomics. Procedia Social and Behavioral Sciences, Vol. 174 (2015), (pp. 2489-2496), ISSN 1877-0428
Olivares, Orlando. J. (2005). Collaborative critical thinking: conceptualizing defining a new constructs knownconstructs. Retrieved from:http://education.curtin.edu.au iier/iier15/Olivares.html
Paul Suparno, SJ, R. Rohandi, G. Sukardi, St. Kartono .2002. Reformasi Pendidikan : Sebuah rekomendasi. Yogyakarta : Kanisius.
Subali, Bambang. 2010. Penilaian, Evaluasi, dan Remediasi Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Jurusan Biologi Fakultas MIPA.
Sudjana. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif, Bandung: Falah Production.
Sumarni1., Muhammad, N., & Besse, H. 2020. Strategi Pembelajaran Partisipatif pada Proses Penyelenggaraan Program Paket C di Kabupaten Wajo, JET: Journal of Education and Teaching Vol. 1 No. 1
Sobri. Asep Jihad, Charul Rochman .2009. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta : Multi Pressindo
Tiodor, M. 2019. Menggunakan Model Pembelajaran Partisipatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ix4 Smp Negeri 1 Pancur Batu Kab. Deli Serdang Dalam Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Statistika T.A 2014/2015. Journal of Education and Teaching Learning (JETL) Journal of Education and Teaching Learning, 2019 Vol. 1, No. 2
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.48572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |