Identifikasi Proses Perencanaan PKBM PMI Medan Denai

Mikael Togatorop, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Ratih Syahfitri, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Mhd Rizky Fadhillah Saragih, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Widya Dwi Puspita Sari, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Rotuah Mei Yohana Simanjuntak, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Mohammad Gerrard Raidan Aziz, Universitas Siliwangi, Indonesia
Feby yessi Rumapea, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Yusnadi Yusnadi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Friska Nora Harahap, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini  adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan program PKBM PMI Medan Denai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dimana subjek dalam penelitian Bapak Bapak Musa Rajekshah (ijek), pendiri PKBM PMI kecamatan Medan Denai. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini hasil yang ditemukan: 1) proses terbentuknya PKBM PMI Medan Denai karena ada dukungan antusias masyarakat untuk mengubah tempat negatif menjadi tempat belajar dan menambah wawasan  yaitu PKBM PMI Medan Denai; 2) Kondisi pandemi saat ini menyebabkan kurangnya semangat belajar anak-anak yang lebih memilih menghabiskan waktu di rumah dengan bermain handphone; 3) Pencapaian dari PKBM PMI Medan Denai itu sendiri berasal dari slogannya yaitu bersama berkerja ikhlas yang sudah tercapai sampai saat ini; dan 4) hambatan yang terjadi dari mulai awal tahap proses terbentuknya juga sangat banyak, namun yang menjadi masalah yaitu masih kurangnya bantuan pendanaan dan juga kerjasama dari berbagai PKBM lainnya.

 

Identification of the PKBM PMI Medan Denais PKBM Program Planning Process

Abstract: The aims of this study were to 1) describe from the PKBM PMI Medan Denai Program Planning. This study uses a descriptive approach where the subject in the study is Mr. Musa Rajekshah (ijek), the founder of PKBM PMI, Medan Denai sub-district. Data was collected by means of observation, interviews and documentation. In this study the results found: 1) the process of forming PKBM PMI Medan Denai because there was enthusiastic support from the community to turn a negative place into a place of learning and add insight, namely PKBM PMI Medan Denai; 2) The current pandemic condition causes a lack of enthusiasm for learning in children who prefer to spend time at home by playing with their cellphones; 3) The achievement of PKBM PMI Medan Denai itself comes from its slogan, namely working together sincerely which has been achieved so far; and 4) the obstacles that occurred from the early stages of the formation process were also numerous, but the problem was the lack of financial assistance and cooperation from various other PKBM.


Keywords


Perencanaan Program; Kebutuhan; PKBM, Program Planning; Needs; PKBM

Full Text:

PDF

References


Aswari, Suswarina A. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Kerajinan Tangan Eceng Gondok ‘Iyan Handicraft’ (Studi di DusunKenteng, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah UNY. 1 (2). https://journal.uny.ac.id/index.php /jurnaldiklus/article/view/23870.

Laksono, B., A., & Nasyikhatur R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Sosial dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal: Universitas Negeri Malang, 14 (1). http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/8186.

Maryani dan Ruth Roselin. (2019).Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.

Miradj dan Sumarsono. (2014).Pemberdayaan Masyarakat Miskin, melalui Proses Pendidikan Nonformal, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Halmahera Barat, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1 (1).

Moleong, lexy J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rusdakarya.

Ratnasari, S., Iip, S., & Ade, S. A. (2021). Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah UNY. 5 (1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/37126.

Safitri, R. W., Nurhadi, Zulkarnain. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Desa Siaga Aktif Inklusif Keuangan. Jurnal Pendidikan Nonformal: Universitas Negeri Malang, 12 (2). http://journal2.um.ac.id/index.php /JPN/article/view/2946.

Salman, M. A., & Entoh, T. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Industri Pertambangan melalui Penyelenggaraan Program Paket C. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 6 (2). https://journal.uny.ac.id/index.php /jppm/article/view/23626.

Shofwan, I., Ghanis, P. W., & Tristanti. (2019). Implementasi Pembelajaran Nonformal pada Sekolah Dasar Quran Hanifah di Kota Semarang. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/23434.

Sugiono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittaif dam R&D.Bandung: Alfabeta.

Sudjana, H. Djudju. 1(992). Pengantar Manajemen Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Nusantara Press.

----------, (2001), Pendidikan Luar Sekolah: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung, serta Asas, Bandung: Falah Production..

----------, (2000), Management Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung: Falah Production.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.48333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats