Relevansi Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab dengan Pola Asuh Anak pada Pembelajaran di Masa Pandemi

Lau Han Sein, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Mohamad Salik, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract


Abstrak: Peran orang tua dalam mendidik anak di rumah selama pembelajaran pada masa pandemi ini sangat penting, karena pada pembelajaran di masa pandemi seperti ini orang tua menggantikan peran guru sebagai pendidik di lembaga sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah pemikiran M. Quraish Shihab tentang pendidikan anak dalam keluarga, dan mencari relevansinya dengan pola asuh anak selama pembelajaran di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan anak dalam keluarga menurut M. Quraish Shihab di antaranya yaitu: pertama, pendidikan ketauhidan kepada anak. Kedua,  orang tua mengajarkan kepada anak pendidikan untuk berbakti kepada orang tua, ketiga, orang tua mengajarkan anak untuk selalu melakukan amar ma’ruf dan menjauhi kemungkaran, keempat, orang tua mengajarkan anak untuk menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab dan kelima, orang tua mengajarkan anaknya tentang pendidikan berakhlak mulia. Dari pemikiran M. Quraish Shihab tersebut ternyata memiliki relevansi dengan pola asuh authoritative selama masa pandemi dalam hal interaksi dan tujuanya. Dalam pola asuh ini, orang tua akan menjaga interaksi bersama anak dengan selalu memberikan stimulus untuk membentuk prilaku maupun kepribadian anak menjadi lebih baik dan berakhlakul karimah. Stimulus-stimulus kepada anak bisa diberikan melalui nasihat-nasihat yang dijelaskan oleh M. Quraish Shihab mulai dari nasihat tentang ketauhidan, berbakti kepada orang tua, bertanggung jawab, dan berakhlakul karimah, yang semuanya itu diberikan kepada anak dengan tujuan membentuk kepribadian dan karakter anak menjadi lebih baik dan bertanggung jawab. Adapupun implikasi penelitian ini adalah dapat memberikan pengetahuan kepada orang tua untuk lebih bertanggung jawab dan memperhatikan anak selama pembelajaran dimasa pandemi ini dengan cara menerapkan metode-metode dalam memberikan pendidikan dan pola asuh yang baik kepada anak.

 

The Relevance of Children's Education in Families According to M. Quraish Shihab with Child Parenting Patterns in Learning in a Pandemic Period

Abstract: The role of parents in educating children at home during this pandemic is very important, because in learning during this pandemic like this, parents replace the role of teachers as educators in school institutions. The purpose of this study is to examine the thoughts of M. Quraish Shihab about children's education in the family, and to find its relevance to parenting patterns during learning during the pandemic. This research is a library research using descriptive analysis method. The results of this study indicate that the education of children in the family according to M. Quraish Shihab include: first, monotheism education for children. Second, parents teach children education to be devoted to parents, third, parents teach children to always do amar ma'ruf and stay away from evil, fourth, parents teach children to be independent and responsible individuals and fifth, parents teach their children about moral education. From the thoughts of M. Quraish Shihab, it turns out that it has relevance to authoritative parenting during the pandemic in terms of interactions and goals. In this parenting pattern, parents will maintain interaction with their children by always providing a stimulus to form, the behavior and personality of the child to be better and have good character. The Stimulus can be given to children through the advice described by M. Quraish Shihab ranging from advice on monotheism, filial piety to parents, responsibility, and good character, all of which are given to children with the aim of shaping the child's personality and character to become a child. better and more responsible.


Keywords


Pendidikan Anak; Keluarga; Pandemi, Children's Education; Family; Pandemic

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Z. (2018). Dr. Ahmad Zainuri, M.Pd.I. Turnitin Jurnal “PENDIDIKAN KARAKTER DI KELUARGA” [Other]. Tadrib. http://repository.radenfatah.ac.id/6109/

Armai Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Press.

Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33650/pjp.v3i2.126

Bukhori Umar. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.

Chabib Thoha. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar Offset.

Darojati ISP, S. M., & Muhammad Abduh, S. P. (2020). Peran Orang Tua Sebagai Guru Di Rumah Pada Pembelajaran Daring Di SD Negeri Kebonromo 3 Sragen Selama Pandemi Covid-19 [S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://doi.org/10/surat%20pernyataan%20publikasi.pdf

Dindin Jamaludin. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Pustaka Setia.

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Fauziah, P. Y., Izzaty, R. E., & Kusumawardani, E. (2022). Child Nurture and Learning Assistance for Children in The Family During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2258-2265.

Hari Jauhari Muchtar. (2005). Fiqih Pendidikan. PT. Rosda Karya.

Hasan Sulaiman & Fathiyah. (1986). Alam Pikiran Al-Gazali Mengenai Pendidikan dan Ilmu. Diponegoro.

Ismaniar, I., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429

Jailani, M. S. (2014a). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Karim, H. A. (2018). Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Perspektif Agama Islam. Elementary : jurnal ilmiah pendidikan dasar, 4(2), 161–172.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19. Kemdikbud.

Kompasiana.com. (2021, March 1). Kenakalan Remaja di Masa Pandemi. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/jiddanfajar6141/603c4465d541df43bb2e6052/kenalan-remaja-di-masa-pandemi

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020a). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

M. Quraish Shyihab. (2002). Tafsir Al-Mishbah (Vol. 10). Lentera Hati.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Muallifah. (2009). Psycho Islamic Smart Parenting. Diva Press.

Mulianah, B. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pola Asuh Keluarga Sasak Nusa Tenggara Barat. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 8(1), 37–50. https://doi.org/10.20414/schemata.v8i1.1308

Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. JURNAL PETIK, 6(2), 163–172. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869

Nadiyanto, N. (2018). Pendidikan anak dalam al-quran (studi penafsiran M.Quraish Shihab dalam tafsir al-misbah) [Masters, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/3207/

Putu Audina Suksma Cintya Dewi & Husnul Khotimah. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi.

Rakhmawati, I. (n.d.). Open Journal Systems. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Santoso, Suyahmono, Maman Rachman, & Cahyo Budi Utomo. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. 6.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Suharta, R. B., Septiarti, S. W., & Kusumawardani, E. (2020). SCHOOL AND FAMILY PARTNERSHIP: INFORMAL LEARNING CONTEXT TO BUILD CHILDREN CHARACTER. Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 189-198.

Sujarwo, S., Kusumawardani, E., Prasetyo, I., & Dewi, A. A. (2021). Intensification the Role of Parent for Learning Assistance Model at Home in The New Normal Era. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 127-136.

Sutrisno, A. (2017). Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Abdullah Nashih Ulwan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Anak Dalam Keluarga Di Kelurahan Majapahit Kota Lubuklinggau. Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.29300/btu.v2i2.1088

Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109–136. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136

Izzatur Rusuli. (2020). Tipologi Pola Asuh dalam Al-Qur’an: Studi Komparatif Islam dan Barat | Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora. (n.d.). Retrieved February 21, 2022, from https://islamikainside.iain-jember.ac.id/index.php/islamikainside/article/view/126

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020a). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Undang-undang RI NO: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1. (n.d.).

Uyuni, Y. R. (2019). Konsep Pola Asuh Orang Tua Dalam Perspektif Islam Terhadap Tumbuh Kembang Anak Dalam Keluarga. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 53–62. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1964

Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.451

Wartini, A. (2014). Nalar Ijtihad Jilbab Dalam Pandangan M. Quraish Shihab (Kajian Metodologi). Musawa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 13(1), 29–38. https://doi.org/10.14421/musawa.2014.131.29-38

Waston, W., & Rois, M. (2017). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Psikologi Islam (Studi Pemikiran Prof. Dr. Zakiyah Daradjat). Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 27–35.

Yusuf Bilfaqih & M. Nur Qomarudin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. CV Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.46753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats