Pendampingan Digitalisasi Arsip Melalui Metode In – On – In untuk Meningkatkan Kemampuan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) dalam Pelestarian Arsip
Latifah Nur Arbaatun, Universitas Negeri Yogyakarta
Eka Bintang, Universitas Negeri Yogyakarta
Dwi Nur Cahyaning, Universitas Negeri Yogyakarta
Nur Chanabillah, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menggali proses pendampingan digitalisasi arsip berikut dampaknya bagi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS). Tenaga administrasi sekolah bertugas memberikan layanan administrasi sekolah dalam hal urusan kepegawaian, keuangan, sarana prasarana, humas, persuratan dan kearsipan, kesiswaan, kurikulum, dan administrasi umum. Kegiatan administrasi tersebut akan bermuara pada terciptanya arsip sebagai asset sekolah yang harus dilestarikan. Sayangnya, kemampuan TAS dalam melestarikan arsip masih kurang dikarenakan ketidak sesuaian latar belakang pendidikan dengan bidang tugas dan minimnya kegiatan peningkatan kompetensi pengelolaan arsip. Sehubungan dengan hal tersebut, dilakukanlah pendampingan digitalisasi arsip melalui metode In-on_in untuk meningkatkan kemampuan TAS dalam pelestarian arsip. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data tenaga administrasi sekolah. Hasil penelitian ini mencakup proses pendampingan yang meliputi in the job training 1, on the job training dan in the job training 2 serta dampak kegiatan pendampingan berupa meningkatnya kemampuan TAS dalam pelestarian arsip.
Assistance in Archive Digitization Through The In-On-In Method to Improve The Ability of School Administration Personnel (TAS) in Archive Preservation
Abstract: This study aims to explore the process of assisting archive digitization and its impact on School Administration Staff (TAS). School administration staff are tasked with providing school administrative services in terms of personnel affairs, finance, infrastructure, public relations, correspondence and archives, student affairs, curriculum, and general administration. These administrative activities will lead to the creation of archives as school assets that must be preserved. Unfortunately, TAS 'ability to preserve archives is still lacking due to the incompatibility of educational background with the field of work and the lack of activities to increase archive management competence. In connection with this, assistance was carried out on digitizing archives through the method In-on-in to improve TAS ability to preserve archives. This research is qualitative research with data sources of school administration staff. The results of this study include the mentoring process which includes in the job training 1, on the job training and in the job training 2 as well as the impact of mentoring activities in the form of increasing TAS ability to preserve archives.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Atmoko, P. W. (2015). Digitalisasi dan Alih Media. Malang: Universitas Bramelati
Barthos, B. 2007. Manajemen Kearsipan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ditjend GTK. 2017. Panduan Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Jakarta: Ditjend GTK.
Fadli, E. (2017). Peningkatan kompetensi penyusunan penelitian tindakan kelas (ptk) melalui diklat Model In On In. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, volume 13, nomor 3, halaman 371-386
Fathurrahman, M. 2018. Pentingnya arsip sebagai sumber informasi. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), volume 3, nomor 2, hal. 215-225.
Hermino, A. (2018). Guru dalam Tantangan Globalisasi-Kajian Teoritis dan Praktis dalam Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Arruzz Media.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning)-Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-face, E-Learning Offline-Online dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pusaka
Indriani, V., Armelia, Y & Pratama, G. (2018). Pengelolaan Arsip di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda Palembang. Jurnal Iqra’, Volumen 12, Nomor 01, Hal. 42-56.
Khodijah. (2018). Peran Arsiparis dalam Mengelola Arsip sebagai Sumber Informasi. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan (JMKSP), Volume 3, Nomor 2, Hal. 180-190.
Kusairi, S. 2011. Implementasi Blended Learning. Makalah (disajikan pada Seminar Nasional Blended Learning tanggal 13 November 2011 di Universitas Negeri Malang).
Kusairi, S. 2011. Implementasi Blended Learning. Makalah (disajikan pada Seminar Nasional Blended Learning tanggal 13 November 2011 di Universitas Negeri Malang).
Kusairi, S. (2011). Implementasi Blended Learning. Makalah (Disajikan pada Seminar Nasional Blended Learning tanggal 13 November 2011 di Universitas Negeri Malang)
Kusumaningrum, et al. (2017). Mewujudkan Tata Kelola Arsip untuk Menunjang Peningkatan Kapabilitas Manajerial pada SD Kendangsari 1 Surabaya. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.
Lestari, Y.T. (2015). Implementasi Administrasi Sekolah Dasar Negeri. Manajer Pendidikan, volume 3, nomor 2, hal. 282-293
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications
Moleong, L., J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhidin, S., A. & Winata, H. (2016). Manajemen Kearsipan Untuk Organisasi Bisnis, Sosial Politik dan Kemasyarakatan. Bandung: Pustaka Setia
Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Kerja Pendidikan Dasar dan Menengah
Priansa, D.J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta
Purwanto, M.N. (2012). Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Satori, D. & Komariah, A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sedarmayanti. (2003). Tata Kearsipan dengan Memanfaatkan Teknologi Modern. Bandung: Mandar Maju
Setiawan, A. (2015). Pengelolaan Arsip untuk Mendukung Tertib Administrasi di SMK Negeri 3 Klaten. Laporan Hasil Penelitian Skripsi.
Sholeh, M. & Hartono. (2018). Pengelolaan arsip berbasis digital dengan menggunakan tanda tangan elektronik dan implementasi aplikasi arsip menggunakan arteri, Jurnal Dharma Bakti, volume 1, nomor 1, hal. 147-150.
Sholeh, M., Suraya, & Fatkhiyah, E. (2020). Pendampingan pengelolaan arsip digital dengan aplikasi arteri di SD Muhammadiyah Pandes Bantul, Jurnal Panrita Abdi, volume 4, issue 3, hal. 357-368.
Sholeh, M. & Yusuf, M. (2020). Dampak Positif Kegiatan Program Pengembangan Kewirausahaan sebagai Upaya Meningkatkan Daya Minat Kewirausahaan bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 11, Nomor 02, Hal. 132-138.
Sudaryono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajag
rafindo Persada.
Sudjana, N. dan Ibrahim, R,. (2001). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiarto, A. & Wahyono, T. (2015). Manajemen Kearsipan Modern dari Monvensional ke Basis Komputer. Yogyakarta: Gava Media.
Sugiharto, D. (2010). Penyelamatan informasi dokumen/arsip di era teknologi digital, Jurnal BACA, volume 31, nomor 1, hal. 51-64
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : ALFABETA
Swasto, B. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UB Press
Thahir, M. (2014). Pengelolaan Kearsipan pada SD Islam Al-Azhar 34 Makassar. Jurnal Eklektika, Volume 2, Nomor 1, Hal. 24-40.
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widodo, B.P. (2016). Sinergitas antara Fungsi, Tugas, dan Kewenangan Arsiparis: Suatu Gagasan konstruktif. Jurnal Kearsipan ANRI, Volume 11, Hal. 39-50.
Wirajaya, A., Y. (2016). Preservasi dan konservasi naskah-naskah nusantara di Surakarta sebagai upaya penyelamatan asset bangsa, Etnografi, volume 16, nomor 2, halaman 59-70
Zulfiati, H.M. (2014). Peran dan fungsi guru sekolah dasar dalam memajukan dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, volume 1, nomor 1, Hal. 1-4.
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |