Analisis Dampak Pelatihan Peningkatan Kompetensi Layanan Konseling Kelompok pada Guru BK SMA Se-Kabupaten Sleman

Siti Aminah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Diana Septi Purnama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suwarjo Suwarjo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fathur Rahman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling merupakan aspek penting yang membekali guru bimbingan dan konseling dalam memberikan bimbingan dan konseling di sekolah. Salah satu kompetensi yang perlu ditingkatkan yaitu kemampuan guru bimbingan dan konseling dalam menyelenggarakan layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi, penugasan dan simulasi. Hasil analisis dampak pelatihan peningkatan kompetensi layanan konseling kelompok dengan analisis kualitatif menunjukkan bahwa Guru bimbingan dan konseling memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan. Berdasarkan analisis penugasan ditemukan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam merancang layanan konseling kelompok. Hasil analisis observasi dan wawancara setelah simulasi menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dalam melaksanakan layanan konseling kelompok. Hasil analisis kuesioner evaluasi berkaitan tentang penyelenggaraan pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan peserta merasa puas dan senang mengikuti pelatihan. Peserta mengharapkan adanya kegiatan lanjutan untuk memperdalam kemampuan menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling.

 

Analysis of the Impact of Training for Competency Improvement in Group Counseling Services for High School Counseling Teachers in Sleman Regency

Abstract: The professional competence of guidance and counseling teachers is an important aspect that equips guidance and counseling teachers in providing guidance and counseling in schools. One of the competencies that need to be improved is the ability of guidance and counseling teachers in providing group counseling services. The methods used in this training are lectures, discussions, assignments and simulations. The results of the analysis of the impact of training on improving the competence of group counseling services with qualitative analysis indicate that guidance and counseling teachers have a high interest in participating in activities. Based on the assignment analysis, it was found that there was an increase in understanding and skills in designing group counseling services. The results of the analysis of observations and interviews after the simulation showed an increase in skills in implementing group counseling services. The results of the analysis of the evaluation questionnaire related to the implementation of the training show that the training participants were satisfied and happy to participate in the training. Participants expect further activities to deepen their ability to provide guidance and counseling services.


Keywords


analisis; konseling kelompok; pelatihan, analysis; group counseling; training

Full Text:

PDF

References


Afiatin, T., Subandi, & Haryanto. (2000). Efektivitas Pelatihan Program Kelompok Aji pada Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Psikologi, 1, 23–36.

Ardimen, A. (2017). Evaluasi Kinerja Konselor Dalam Proses Konseling Dan Riset Konseling Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 58. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1414

Berg, R. C., Landreth, G. L., & Fall, K. A. (2006). Group Counseling Concept and Procedures Fourth Edition. Routledge.

Bhakti, C. P., Lutfiyani, V., & Ghiffari, Muhammad Alfarizqi Nizamuddin, Regita, S. M. (2018). Model Dukungan Sistem untuk Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter. Edukasi Pendidikan.

Corey, G. (2016). Theory & Practice of Group Counseling. In Oxford World’s Classics: Livy: Rome’s Mediterranean Empire: Books Forty-One to Forty-Five and the Periochae. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00096853

Crespi, T. D. (2009). Group Counseling in The Schools: Legal, Ethical, and Treatment Issues in School Practice. Wiley Interscience, 46 (3)(4), 274–283. https://doi.org/10.1002/pits

Fatchurahman, M. (2017). Problematik Pelaksanaan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25–30.

Gladding, Samuel T. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh edisi keenam. Jakarta: PT Indeks

Jacobs, E. E., Schimmel, C. J., Masson, R. L., & Harvill, R. L. (2012). Group Counseling: Strategies and Skills, Seventh Edition. 497.

Kemdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMA). In Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. In Direktorat jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbud RI.

Khadijah, S. (2018). Efektivitas Pelatihan Kompetensi Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smpn 1 Batang Gangsal. Jurnal Mitra Manajemen, 1(2), 151–163. https://doi.org/10.52160/ejmm.v1i2.20

Nashruddin. (2019). Penerapan Dinamika Kelompok Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Interpersonal Dalam Berdiskusi Pada Siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6, 45–54.

Perisse, R., & Goodnough, G. E. (2009). Group Counseling in The Schools. Wiley Interscience, 46(4), 225–231. https://doi.org/10.1002/pits

Sari, A. K., Prayitno, & Karneli, Y. (2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling Di Sekolah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(1), 36–49.

Sofyan, Willis (2019). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Sutanti, T. (2015). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Cerdas Istimewa di SMA N Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 1–16.

Ward, D. E. (2004). The evidence mounts: Group work is effective. Journal for Specialists in Group Work, 29(2), 155–157. https://doi.org/10.1080/01933920490437925




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats