Analisis Tematik Permasalahan dalam Praktik Pengasuhan Anak yang Dilakukan oleh Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Arumi Savitri Fatimaningrum, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


 

Abstrak: Praktik pengasuhan merupakan usaha yang dilakukan untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Saat ini praktik pengasuhan banyak dilakukan di lembaga PAUD karena semakin meningkatnya jumlah ibu bekerja di luar rumah dengan durasi yang panjang. Studi ini dimaksudkan untuk menggali permasalahan riil dalam praktik pengasuhan oleh guru PAUD. Studi ini merupakan survei kualitatif online menggunakan Google Form yang disebarkan dengan aplikasi Whats App. Instrumen terdiri atas open-ended question dan data demografi. Data yang diperoleh dianalisis secara tematik dengan program MAXQDA 2018. Terdapat 319 responden yang mengisi survei, dengan 314 respon yang dapat dianalisis lebih lanjut. Hasil studi menunjukkan terdapat lima tema utama permasalahan dalam praktik pengasuhan anak oleh guru AUD, yaitu permasalahan anak, orangtua, guru, relasi orangtua-guru, dan lembaga. Dari lima tema permasalahan tersebut, tema yang menonjol pada responden dengan usia <30 tahun adalah tema permasalahan guru yang terdiri atas sub tema terbatasnya pengetahuan, perbedaan praktik pengasuhan, manajemen waktu, dan kesehatan guru.

Problems Thematic Analysis in Child-rearing Practices Conducted by Early Childhood Education Teachers

Abstract: Child-rearing practices is an effort to help children’s developmental processes. Currently, many child-rearing practices are carried out in Early Childhood Education (ECE) Institution due to the increasing number of mothers working outside the house for  long durations. This study is intended to explore the problems of child-rearing practices experienced by ECE teachers. This study is an online qualitative survey using Google Form distributed with Whats App application. The research instrument consists of an open-ended question and demographic data. The data obtained analyze thematically with MAXQDA 2018 program. There are 319 respondents, while there only 314 responses that can be analyzed further. The results of the study show that there are five main themes, namely problems with children, parents, teachers, parent-teacher relations, and institutions. A prominent theme for respondents aged <30 years is the teachers’ problems which consists of the sub-themes of limited knowledge, differences in child-rearing practices, time management, and teacher’s health.


Keywords


analisis tematik; guru PAUD; permasalahan praktik pengasuhan, child-rearing practice problems; ECE teachers; thematic analysis

Full Text:

PDF

References


Afiatin, T., dkk. (2018). Psikologi perkawinan dan keluarga: Penguatan keluarga di era digital berbasis kearifan lokal. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.

Alasuutari, M. (2010). Striving at partnership: parent–practitioner relationships in Finnish early educators' talk. European Early Childhood Education Research Journal, Vol. 18, No. 2.

APG PAUD. (2018, 26 Januari). Daftar lembaga anggota APG PAUD Indonesia. https://apgpaud.or.id/2018/01/26/daftar-lembaga-anggota-apg-paud-indonesia/

Badan Pusat Statistik. (2018). Berita resmi statistik: Keadaan ketenagakerjaan Indonesia. https://www.turc.or.id/wp-content/uploads/2018/06/BPS_Berita-Resmi-Statsitik_Keadaan-Ketenagakerjaan-Indonesia-Februari-2018.pdf

Berk, L. E. (2012). Child Development, Ninth Edition. New Jersey: Pearson.

Braun, V. & Clarke, V. (2006) Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3 (2). pp. 77-101. ISSN 1478-0887

Fereday, F. & Muir-Cochrane, E. (2006). Demonstrating Rigor Using Thematic Analysis: A Hybrid Approach of Inductive and Deductive Coding and Theme Development. International Journal of Qualitative Methods, 5 (1), pp. 80-92. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/160940690600500107

Hakyemez-Paul, S., Pihlaja, P., & Silvennoinen, H. (2018). Factors affecting early childhood educators’ views and practices of parental involvement. JECER, Vol. 7, No. 1, pp. 76-99.

Hastuti, D. (2015). Pengasuhan: Teori dan prinsip serta aplikasinya di Indonesia. Bogor: IPB Press.

Hujala, E., Turja, L., Gaspar, M.F., Veisson, M., & Waniganayake, M. (2009). Perspectives of early childhood teachers on parent–teacher partnerships in five European countries. European Early Childhood Education Research Journal, Vol. 17, No. 1.

Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2017). Visi dan Arah Pembangunan Jangka Panjang (PJP) Tahun 2005-2025. Diakses dari https://www.bappenas.go.id/id/data-dan-informasi-utama/dokumen-perencanaan-dan-pelaksanaan/dokumen-rencana-pembangunan-nasional/rpjp-2005-2025/rpjpn-2005-2025/

Ketua Jurusan PAUD UNY. (2019) Notulensi Rapat Evaluasi Kurikulum S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang diselenggarakan pada 21 Juni 2019. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2015). Peraturan menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi nomor 44: Standar nasional pendidikan tinggi. http://lldikti12.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/06/2.-Standar-Nasional-Pendidikan-Tinggi-SN-Dikti.pdf

Nooraini, R. (2017). Implementasi Program Parenting dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orangtua di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol 13, Nomor 2, Oktober 2017.

Papalia, D. E., Olds, S. W. & Feldman, R. D. (2008). Human Development: Psikologi Perkembangan. Edisi Kesembilan. Alih bahasa: Anwar, A. K. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar pendidikan anak usia dini.

Pircho, S., Tritrini, C., Passiatore, Y., & Taeschner, T. (2013). The Role of the Relationship between Parents and Educators for Child Behavior and Wellbeing. International Journal about Parents in Education, Vol. 7, No. 2, 145-155.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Statistik Pendidikan Anak Usia Dini 2016/2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretariat Jenderal.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Statistik Pendidikan Anak Usia Dini 2017/2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretariat Jenderal.

Putri, N.K. (2018). Taman penitipan anak yang terbaik untuk ibu milenial. Diakses dari https://fkm.unair.ac.id/taman-penitipan-anak-yang-terbaik-untuk-ibu-milenial/

Sulistiyono, S. T. (2019, 12 Maret). Kemendikbud sebut ada 85 ribuan guru pensiun di tahun 2022. https://www.tribunnews.com/nasional/2019/03/12/kemendikbud-sebut-ada-85-ribuan-guru-pensiun-di-tahun-2022

Sustainable Development Goals. (2017). Tujuan empat: Pendidikan bermutu. https://www.sdg2030indonesia.org/page/12-tujuan-empat

Yunus, K.R.M. & Dahlan, N.A. (2013). Child-rearing Practices and Socio-economic Status: Possible Implications for Children's Educational Outcomes. Procedia – Social and Behavioral Science, 90: 251-259. DOI: 10.1016/j.sbspro.2013.07.089. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/273853342_Child-rearing_Practices_and_Socio-economic_Status_Possible_Implications_for_Children's_Educational_Outcomes




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats