Analisis Faktor Kecakapan Sosial Remaja di Desa Aekanauli 1 Kecamatan Pollung

Wisno Defina Lumban Gaol, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pembentukan kepribadian remaja sebagai generasi muda memiliki peran yang penting untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul melalui kecakapan sosial dalam diri remaja. Kecakapan sosial (social skill) adalah kemampuan untuk dapat berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kecakapan sosial remaja. Penelitian ini dilaksanakan di desa aeknauli 1 kecamatan pollung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta melakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan kecakapan sosial remaja di desa aeknauli 1 kecamatan pollung masih tergolong rendah dengan persentase kurang dari 65,00 % dari tiap indikator kecakapan sosial. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor kepribadian, faktor pergaulan, faktor penyesuaian diri.

Analysis of Factors Affecting Youth Social Skills in Aeknauli 1 Village, Pollung District

 

Abstract: The formation of the personality of adolescents as the younger generation has an important role to prepare a superior young generation through social skills in adolescents. Social skills are the ability to relate and cooperate with other people. the purpose of this study was to analyze the factors that influence the social skills of adolescents. This research was conducted in aeknauli 1 village, pollung sub-district. the research method used is a qualitative method. The data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation, as well as triangulation of data. The results showed that the social skills of adolescents in aeknauli 1 village, pollung district were still relatively low with a percentage of less than 65.00% of each social skill indicator. This is influenced by several factors including family factors, environmental factors, personality factors, association factors, adjustment factors.


Keywords


analisis; kecakapan sosial; remaja, adolescent; analysis; social skills

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustin, A. (2019) ‘Menurunkan Kecemasan Sosial Pada Remaja Tunarungu’, Jurnal Psikologi, 17, pp. 9–13.

Andriyani, J. (2016) ‘Korelasi Peran Keluarga terhadap Penyesuaian Diri Remaja’, Al-Bayan, 22(34), pp. 39–52.

Ekanita, A. and Putri, D. R. (2019) ‘Dukungan sosial dengan penyesuaian diri santriwati kelas vii madrasah tsanawiyah (mts) pondok pesantren di sukoharjo’, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 24, pp. 149–154. doi: 10.20885/psikologi.vol24.iss2.art5.

Fahreza, F. (2016) ‘Analisis kecakapan sosial siswa di sd negeri 026793 kecamatan binjai utara kota binjai’, Jurnal Bina Gogik, III(2), pp. 16–24.

Fauzia, A. Z., Maslihah, S. and Ihsan, H. (2019) ‘Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self- Disclosure Pada Dewasa Awal Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Bandung’, Journal of Psychological Science and Profession, 3(3), p. 151. doi: 10.24198/jpsp.v3i3.23434.

Fitriani, R. and Tritjahjo Danny Soesilo, S. (2019) ‘Pengaruh Konsep Diri Terhadap Pergaulan Teman Sebaya Siswa Kelas Xi Tei ( Teknik Elektronika’, Genta Mulia, X(1), pp. 124–132.

Katoro, A. V. and Hertinjung, W. S. (2020) ‘Perbedaan keterampilan sosial ditinjau dari sistem pendidikan’, Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), pp. 35–43. doi: 10.23917/indigenous.v5i1.6841.

Lisdiana, A. (2019) ‘Mematik Ketrampilan Sosial Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray ( TS-TS )’, Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 03; Nomor(Desember), pp. 162–183. Available at: https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1779.

Merrel, K.W. (1999) Behavior, social, and emotional assesment of children and adolescents. Mahwah, NJ: lawrence erlbaum associate, Inc

Pujiani (2018) ‘Gambaran Ketrampilan Sosial Anak Remaja Yang Mengalami Gangguan Perilaku’, JURNAL EDUNursing, 2(1), pp. 35–43.

Puspitasari Putri, I. and Irawan, S. (2019) ‘Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dengan Interaksi Sosial Karang Taruna Dukuh Klarisan Kelurahan Tanduk Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali’, Mimbar Ilmu, 24(1), p. 89. doi: 10.23887/mi.v24i1.17456.

Setiati, D. retno (2015) ‘Peran Pendidikan Keluarga Dalam PembentukanSikap Sosial Dan Kemandirian Anak’, Seminar Nasional.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/

Ulum, C. and Didik, P. (2018) ‘Keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas v mi muhammadiyah selo kulon progo’, 10.

Umami, I. and Musyarofah (2020) ‘Upaya Guru IPS Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di MTs Rogojampi Banyuwangi Tahun 2019’, Heritage, 1(1), pp. 73–88. doi: 10.35719/hrtg.v1i1.3.

Utami, D. T. (2018) ‘Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun’, Generasi Emas, 1(1), p. 39. doi: 10.25299/ge.2018.vol1(1).2258.

Virgadewi K, I. A. A. W. and Lestari, M. D. (2018) ‘Penyesuaian Diri dan Penyesuaian Sosial Penata Rambut Laki-Laki’, Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), p. 362. doi: 10.24843/jpu.2018.v05.i02.p10.

Yanuardianto, E. (2019) ‘Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi)’, Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), pp. 94–111. doi: 10.36835/au.v1i2.235.

Zahroh, S. and Na’imah, N. (2020) ‘Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School’, Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), pp. 1–9. doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.40798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats