Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Didik pada LKP Bahasa Inggris di Kota Malang

Nur Cholidia Rahmania, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Endang Sri Redjeki, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Edi Widianto, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Abstrak: Kualitas pelayanan menjadi salah satu tolak ukur dalam menilai kualitas LKP, sedangkan kepuasan merupakan aspek luaran dalam menilai kualitas pelayanan LKP. Meningkatnya jumlah LKP di Kota Malang menjadi hal yang menarik, apakah dengan banyaknya LKP di Kota Malang selaras dengan kualitas pelayanan yang diberikan?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kualitas pelayanan LKP Bahasa Inggris di Kota Malang, 2) mengetahui kepuasan peserta didik pada LKP Bahasa Inggris di Kota Malang, 3) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta didik pada LKP Bahasa Inggris di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dan explanatory research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas pelayanan pada LKP Bahasa Inggris di Kota Malang dikategorikan baik, 2) kepuasan peserta didik atas layanan yang diberikan LKP Bahasa Inggris di Kota Malang dikategorikan puas, 3) terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta didik pada LKP Bahasa Inggris di Kota Malang.

 

The Effect of Service Quality on Student Satisfaction at the English Course and Training Institute (LKP) in Malang.

Abstract: Service quality is one of the benchmarks in assessing the quality of LKP, while satisfaction is an output aspect in evaluating the quality of LKP services. The increasing of LKP in Malang is an interesting matter. Is the number of LKP in Malang consistent with the quality of services provided? This study aims to: 1) knowing the service quality of English LKP in Malang, 2) knowing student satisfaction in English LKP in Malang, 3) analyze the effect of service quality on student satisfaction in English LKP in Malang. This research uses a quantitative approach to the type of survey research. Data analysis used descriptive statistics and explanatory research. The results showed that: 1) the quality of service at the English LKP in Malang was categorized as good, 2) the students' satisfaction with the services provided by the English LKP in Malang was categorized as satisfied, 3) there was an effect of the effect of service quality on student satisfaction at the LKP English in Malang.


Keywords


kualitas pelayanan; kepuasan peserta didik; LKP; Bahasa Inggris, Service quality; Participants satisfaction; LKP; English

Full Text:

PDF

References


Istiana, A. R. (2009). Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMP Negeri 2 Moyudan.

Ariyanti, N. C. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Kursus Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Nissan Fortuna Kudus. UMK.

Fauzi, R. F. (2018). Pengaruh kualitas jasa terhadap loyalitas melalui kepuasaan pelanggan jasa transportasi ojek online (studi pada pelanggan go-jek di Malang). Universitas Negeri Malang.

Griselda, G., & Panjaitan, T. M. (2012). Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen Restoran Pulau Dua.

Hidayat, T., Saryadi, & Hidayat, W. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Lembaga Pendidikan BBC - ETS.

Istiana, N. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah Mandiri Salatiga. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid.

Lestiono, M. I., Djumali, & Hartono, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen di Lembaga Kursus Bahasa Inggris IELC Solo. 18(2), 314–322.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.

Marlius, D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Stie “Kbp.” Jurnal Ipteks Terapan, 12(2), 116. https://doi.org/10.22216/jit.2018.v12i2.633

Oktafiani, N. A. (2017). Hubungan kualitas pelayanan pendidikan dengan kepuasan orangtua peserta didik di PAUD Sahabat Ananda Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Riyadi, A. R. (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pemilihan Kursus Bahasa Inggris. 53(9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rodin, R. (2015). Urgensi Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. 1–20.

Saidani, B. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. 3(1), 1–22.

Sari, D. A. P. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa dalam Mengikuti Kursus di Lembaga Bimbingan Belajar (Studi Pada LBB Ganesha Operation Cabang Gayungsari Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(3).

Tantowi, A. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan dampaknya pada loyalitas mahasiswa. 1–16.

Undang-undang. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuniarti, Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Journal Trikonomika, 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.39620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats