Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Nurmala Ayu Agistia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Dadang Danugiri, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
Dayat Hidayat, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Abstract


Untuk mencapai suatu keberhasilan pada suatu lembaga pendidikan perlu adanya manajemen yang baik, salah satu yang mempengaruhi tercapainya tujuan Pendidikan tersebut adalah dengan adanya manajemen kurikulum sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan data tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta mengetahui kendala yang terjadi dalam pelaksanaan manajemen kurikulum di SPS TP Plamboyan. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif Miles & Huberman yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) perencanaan kurikulum dilakukan setiap awal tahun ajaran baru, terdapat keunikan dalam proses perencanaan kurikulum di SPS TP Plamboyan yaitu selain kepala sekolah dan guru juga melibatkan  orangtua, (2) pengorganisasian dilakukan dengan menjalin kerjasama antara kepala sekolah, guru serta masyarakat, (3) pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SPS TP Plamboyan menyisipkan materi keagamaan seperti hafalan surat pendek, praktik ibadah dan manasik haji, (4) pengawasan yang dilaksanakan setiap akhir tahun ajaran baru serta terdapat pengontrolan dari kepala sekolah kepada guru dalam waktu-waktu tertentu. Kendala dalam pelaksanaan kurikulum di SPS TP Plamboyan yaitu : (1) Sarana dan Prasarana yang belum memadai (Alat Permainan Edukatif, ruang kelas dan fasilitas lainnya), (2) guru mengalami kesulitan dalam penyusunan perencanaan. Selanjutnya hasil manajemen kurikulum yang baik di SPS TP Plamboyan mendapatkan peningkatan jumlah peserta didik setiap tahunnya serta mampu merubah pola pikir masyarakat mengenai pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini.

 

Implementation of Curriculum Management in Early Childhood Education

Abstract

To achieve success in educational institution, it is necessary to have good management, one of affects the achievement of educational goals is the existence of curriculum management so that the implementation of learning activities can run effective and efficient.  The purpose of this reasearch is to described data on planning, organizing, implementing, monitoring and identifying the obstacles that occur in the implementation of curriculum management at SPS TP Plamboyan.  This research is a qualitative research with a qualitative descriptive approach.  Data collection techniques in this study were observation, interviews and documentation.  Furthermore, the data analysis technique used the Miles & Huberman interactive data analysis model, namely through data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions.  The results of the study showed (1) curriculum planning was carried out at the beginning of a new school year, there was a uniqueness in the curriculum planning process at SPS TP Plamboyan, namely in addition to the principal and teachers, it also involves parents, (2) organizing is done by establishing cooperation between school principals, teachers and the public, (3) the implementation of learning activities at SPS TP Plamboyan inserts religious materials such as memorizing short letters, worship practices and pilgrimage rituals, (4) supervision which is carried out at the end of each new school year and there is control from the principal to the teacher at certain times.  Obstacles in implementing the curriculum at SPS TP Plamboyan are: (1) Inadequate facilities and infrastructure (Educational Game Tools, classrooms and other facilities), (2) teachers have difficulty in planning.  Furthermore, the results of good curriculum management at SPS TP Plamboyan has got an increase in the number of students every year and are able to change people's mindsets about the importance of Early Childhood Education.


Keywords


Anak Usia Dini; Implementasi; Manajemen Kurikulum, Curriculum Management; Early Childhood Education, Implementation

Full Text:

PDF

References


Akbar, K., Hamdi, Kamarudin, L., & Fahruddin. (2021). Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya) Khairul. 7(1), 167–175.

Andriani, Y., Maya, R., & Sarifudin, S. (2019). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Tahfidzul Qur’an Nurul Iman Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019. … MPI: Prosiding Al …, 3, 19–35. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/pmpi/article/view/526

Asfia, M. (2020). Manajemen kurikulum terpadu pada program full day school di ma minhajut tholabah bukateja purbalingga skripsi.

Choiriah, M. (2015). Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini ( Studi Di Tk Islam Miftahul Jannah Semarang ).

Dakhi, Y. (2016). Implementasi Poac Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu.

Farikhah, S., & Wahyudhiana. (2018). Manajemen Pendidikan (F. Juliantina (ed.)). Aswaja Pressindo.

Fatimah, D. F., & Rohmah, N. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. 1(November), 247–273.

Febriyanti, & Saputra, E. D. (n.d.). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 45–65.

Hoerniasih, N. (2017). Faktor Pendukung Keberhasilan Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( Pkbm ) “ Bina Sejahtera “ Desa Pinayungan.

Kusyairy, U., Sartika, I. D., Hidayah, H., Hartati, S., & Nurhidayat. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum. 1, 25–34.

Muniroh, M. (2020). Implementasi manajemen kurikulum pendidikan berbasis fitrah dan adab di tk adzkia banjarnegara.

Mustari, M. (2013). Manajemen Pendidikan.pdf (p. 158).

Norma Chunnah, Z., & Pardjono. (2013). Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan Man 1 Surakarta. 1, 219–234.

Pratama, R. Y. (n.d.). Fungsi-Fungsi Manajemen “P-O-A-C.”

Sulastri, L. (2012). Manajemen. La Goods Publishing.

Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen Kurikulum. https://doi.org/10.31227/osf.io/9a7yr

Sutarmi. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Di Ra Miftahul Ulum Ketangi).

Theresia, A. S. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Di Paud Bunga Mawar Dan Tk Dharma Wanita. 1(2).

Watsiq, A. (2009). Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini (studi di TK Budi Mulya Pedurungan Semarang). http://eprints.walisongo.ac.id/3905/

Wulandari, A. (2018). Manajemen Kurikulum Dalam Pembelajaran Sentra Di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Ngampilan Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.38942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats