Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial
Ade Sadikin Akhyadi, , Indonesia
Iip Saripah, , Indonesia
Abstract
Abstrak: Seiring perubahan perilaku konsumen di era digital menjadi satu peluang bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) dalam memperluas akses pasar serta menjadi tantangan beradaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemberdayaan pelaku UMKM go digital melalui aksi sosial yaitu Volunter, Komunitas UMKM, Klinik ekonomi digital, Model Desa Cerdas dan Pahlawan ekonomi dengan melakukan pendampingan secara berkelanjutan serta berkolaborasi dengan berbagai pihak. Penelitian ini menggunakan pendekatan systematic review melalui beberapa tahapan yaitu identifikasi pertanyaan penelitiaan, menetapkan data base hasil penelitian, seleksi hasil penelitian yang relevan dan terindeks, ekstarsi data, sintasi hasil dengan metode naratif dan penyajian data. Dari hasil analisis peran komunitas sosial memberikan kontribusi serta solusi terhadap permasalahan yang dihadapi untuk menekan kesenjangan arus digitalisasi antara desa dan kota. Manfaat dari penelitian ini bisa dijadikan bahan referensi dalam merancang kurikulum pengembangan dan pemberdayaan pelaku UMKM dalam menuju digitalisasi.
Systematic Review: Strategies for Empowering UMKM Subject Toward a Digital Economy through Social Action
Abstract: Along with changes in consumer behavior in the digital era, there is an opportunity for small and medium enterprises (UMKM) to expand market access and become a challenge to adapt. This study aims to analyze the strategy for empowering UMKM subject to go digital through social actions, namely Volunteers, UMKM Communities, Digital Economy Clinics, Smart Village Models and Economic Heroes by providing ongoing assistance and collaborating with various parties. This study uses a systematic review approach through several stages, namely identification of research questions, establishing a data base of research results, selecting relevant and indexed research results, data extraction, synthesis of results using narrative methods and data presentation. From the results of the analysis of the role of the social community in contributing and solutions to the problems faced in reducing the gap in the flow of digitalization between villages and cities. The benefits of this research can be used as reference material in designing a curriculum for developing and empowering UMKM subject towards digitalization.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad Hufad. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Konsep dan Refleksi Praksis Pendidikan Masyarakat. UPI Press.
Anton Wardaya. (2020). Strategic management of digital era: revisited concepts and findings. Surabaya: Artha karya pusaka.
Darto Wahidin, N. (2014). Konstruksi Pengusaha Kampung Ukm Digital Kota Semarang. 151–156.
Ella, R. N. A. dan S. (2019). Strategi Pemberdayaan Generasi Millenials Perdesaan Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Desa Di Indonesia.
Gregori, P., & Holzmann, P. (2020). Digital sustainable entrepreneurship: A business model perspective on embedding digital technologies for social and environmental value creation. Journal of Cleaner Production, 272, 122817. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.122817
Heri Eko Prasetyo. (2019). Inisiasi Metode Sdm Ekonomi Kreatif Melalui Pembangunan Klinik Ekonomi Digital Teknologi Komunikasi Informatika (Kediloka). Retrieved from Conference.kominfo.go.id
Herwina, W., & Mustakim, M. (2019). Business and Industry World Contributions to Community Empowerment. Journal of Nonformal Education, 5(1), 79–88. https://doi.org/10.15294/jne.v5i1.18342
Indonesia, C. (2021). Pemerintah Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital Pada 2023. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210111110041-92-592065/pemerintah-targetkan-30-juta-umkm-go-digital-pada-2023
Irma Paramita Sofia. (2015). Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) Sebagai Gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian. 2. https://doi.org/https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.7
Kominfo. (2017). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media#:~:text=Pemerintah menggagas 8 juta UMKM bakal go online pada 2019 mendatang.&text=Lewat kerja sama ini%2C pemerintah,perkembangan ekonomi digital di Indonesia.
Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. Seminar Nasional Sistem …, 2200–2208. Retrieved from https://www.jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/296
Palesangi, M. (2012). Pemuda Indonesia Dan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 1(2), 1–6. Retrieved from http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/198
Pigg, K. E. (2002). Three Faces of Empowerment: Expanding the Theory of Empowerment in Community Development. Journal of the Community Development Society, 33(1), 107–123. https://doi.org/10.1080/15575330209490145
Purnomo, P., Hufad, A., Wahyudin, U., Akhyadi, A. S., & Lutfiansyah, D. Y. (2020). Needs Assessment Knowledge from Facilitator of Community. Journal of Nonformal Education, 6(2), 130–138.
Rachman, R. F. (2019). Optimalisasi Media Digital Berbasis Kemaslahatan Umat Dalam Program Pahlawan Ekonomi Surabaya. Iqtishoduna, 8(2), 273–292.
Rahadi, D. R. (2017). Analisis Sektor Usaha Kecil & Menengah Menjadi Model Kewirausahaan Sosial Berbasis Ekonomi Kreatif. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 159–173. https://doi.org/10.31843/jmbi.v4i2.115
Riset Alvara. (2019). Perilaku dan Preferensi Konsumen Millennial Indonesia terhadap Aplikasi E-Commerce. Jakarta.
Seelos, C., & Mair, J. (2005). Social entrepreneurship: Creating new business models to serve the poor. Business Horizons, 48(3), 241–246. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2004.11.006
Siswanto, S. (2012). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4). https://doi.org/10.22435/bpsk.v13i4
Susanti, N. (2018). Perancangan E-Marketing Umkm Kerajinan Tas. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 717–722. https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2042
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |