Kebutuhan Kegiatan Menulis Cerita Bergambar di Sopo Belajar

Eva Septiana Manurung, Yayasan Alusi Tao Toba, Indonesia

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan kegiatan penulisan cerita bergambar di Sopo Belajar, dan menperoleh rencana kegiatan penulisan cerita bergambar anak-anak dalam Sopo Belajar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah fasilitator Sopo Belajar, anak-anak penerima manfaat dari Sopo Belajar dan tenaga ahli. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan belajar di Sopo Belajar. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan model Miles dan Huberman untuk analisis data yaitu reduksi data, representasi data dan kesimpulan. Triangulasi sumber dan metode mendukung validitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kebutuhan kegiatan menulis cerita bergambar di Sopo Belajar. (2) diperoleh rencana kegiatan menulis cerita bergambar di Sopo Belajar yang terdiri dari (a) input (b) proses (c) output, dan (d) outcome. Maka, perlu dilakukan tindakan lanjutan berupa realisasi kegiatan menulis cerita bergambar di Sopo Belajar karena berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka kreativitas anak dapat ditingkatkan.

 

The Need for Writing Illustrated Story in Sopo Belajar

Abstract: The purpose of this study was to determine the need for picture story writing activities in Sopo Belajar, and to obtain plans for children's picture story writing activities in Sopo Belajar. This research is a descriptive study using a qualitative approach. The subjects of this research are the Sopo Belajar facilitators, children who are beneficiaries of Sopo Belajar and experts. This research was motivated by the existence of learning activities at Sopo Belajar. using data collection techniques with observation, interviews and documentation. Using Miles and Huberman's model for data analysis, namely data reduction, data representation and conclusions. Triangulation of sources and methods supported data validity. The results of this study indicate: (1) the need for pictorial story writing activities in Sopo Belajar. (2) obtained a pictorial story writing activity plan in Sopo Belajar which consists of (a) input (b) process (c) output, and (d) outcome. So, it is necessary to take further action in the form of the realization of the pictorial story writing activity in Sopo Belajar because based on the results of the research that has been done, the creativity of children can be improved.


Keywords


Cerita bergambar; Kebutuhan; Menulis; Sopo Belajar, Picture Stories; Needs; Writing; Sopo Belajar

Full Text:

PDF

References


Adiputra, I. G. B. N. R., Sari, N. L. D. I., & Dewi, A. K. (2021). Perancangan Buku Cerita Bergambar Legenda Desa Bungkulan.

AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 2(01), 80-92.

African Storybook initiative. 2020. Creating Storybooks with Children. Saide. South Africa

Afriyanti, I., & Somadayo, S. (2020). Pemanfaatan Media Cerita Rakyat Sebagai Upaya Membangun Kreativitas Anak. Pedagogik, 7(2).

Aggleton, J. (2018). Where are the children in children's collections? An exploration of ethical principles and practical concerns surrounding children's participation in collection development. New Review of Children's Literature and Librarianship, 24(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/13614541.2018.1429122

Amrin. Cara Praktis Merintis Dan Mendirikan Taman Bacaan Masyarakat. Medan: Pustaka TBM MRD

Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 48-53.

Demoiny, S. B., & Ferraras-Stone, J. (2018). Critical literacy in elementary social studies: Juxtaposing historical master and counter narratives in picture books. The Social Studies, 109(2), 64–73. https://doi.org/10.1080/00377996.2018.14 51981

Djam’an Satori, Aan Komariah. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta

Filipović, K. (2018). Gender representation in children's books: Case of an early childhood setting. Journal of Research in Childhood Education, 32(3), 310–325. https://doi.org/10.1080/02568543.2018.14 64086

Kaufman, R dan English F.W. (1979). Needs Assesment: Concept and Application. London: Pearson.

Kurniawan, H. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 780-791.

Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424-437.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118-124.

Sayer, I. M., Kristiawan, M., & Agustina, M. (2018). Fairy Tale as a Medium for Children’s Character Cooperation Building. Al-Ta Lim Journal, 25(2), 108–116.

Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Sujarwo. 2012. Model – model pembelajaran suatu strategi mengajar. Yogyakarta

Panduan Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat. 2006. Jakarta: Direktorat PLS Depdiknas

Takacs, Z. K., & Bus, A. G. (2018). How pictures in picture storybooks support young children's story comprehension: An eye-tracking experiment. Journal of Experimental Child Psychology, 174(10), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2018. 04.013

Tarigan Henry G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.32635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats